Breaking News:

Berita Belitung

Pemasuk Daging Beku Harus Perhatikan 4 Point Penting, Ini Perjelasannya

4 point penting persyaratan pengiriman daging beku yang harus menjadi perhatian.

Dok/Bangkapos.com
Ilustrasi Ketersediaan daging beku di Pasar Swalayan 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Terdapat 4 point penting persyaratan pengiriman daging beku yang harus menjadi perhatian. Empat point tersebut, tentu harus dipenuhi oleh pengirim maupun penerima daging beku.

Lantaran pengiriman daging beku dari luar daerah, sekarang ini sudah mulai muncul di Belitung. Bahkan sudah didistribusikan lagi ke Belitung Timur.

"Ya itu ada empat point penting. Point satu, harus dilengkapi SKKH dari asal ternak atau daging. Kemudian surat keterangan halal dari MUO setempat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly kepada Posbelitung.co, Sabtu (24/4/2021).

Point ketiga harus dilengkapi, pengiriman daging beku tersebut, harus memiliki surat rekomendasi dari dinas tempat tujuan pengiriman dan point ke empat, harus ada surat keterangan pengiriman dari karantina Bandara atau Pelabuhan.

"Informasi yang kami dapat, sekarang sudah ada yang masuk, dan setiap tahun mendekati Idul Fitri selalu masuk. Kami juga warning ke Karantina, kalau daging beku tidak memiliki dokumen tersebut, agar di tolak," pinta nya.

Pasokan daging beku tersebut, lanjut dia, harus jadi perhatian bersama. Jangan sampai daging tersebut ditemukan tidak Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

"Bukan hanya daging sapi beku saja, tapi kerbau juga ada. Nah perlu diketahui, bahwa daging beku ini didatangkan, hanya untuk keperluan stabilitas harga," jelasnya.

Harus jadi perhatian ketika daging beku itu, kata Destika, harus dimasukan kedalam suhu 5 derajat celsius. Maka setelah di ambil kembali harus langsung dimasak.

Apabila tidak langsung dimasak, atau kembali di masukan kedalam cold storage, maka daging tersebut tidak baik. Apalagi daging beku tersebut dibiarkan hingga mencair, maka akan bertumbuh bakteri.

"Disini lah harus berhati - hati, karena disitu lah bakteri nya sangat banyak dan akan berkembang lagi bakteri nya. Jadi kalau sudah keluar dari ruang pendingin, harus langsung dimasak," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)
 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved