Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Minta Bareskrim Usut Tuntas TI Ilegal di Air Buntar, Bongkar Oknum Penadah Timah

Baru beberapa hari Belitung mendapat predikat Unesco Global Geopark (UGG) langsung tercoreng akibat aktivitas penambangan TI ilegal.

Posbelitung.co/Dede Suhendar
Bupati Belitung Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Baru beberapa hari Belitung mendapat predikat Unesco Global Geopark (UGG) langsung tercoreng akibat aktivitas penambangan TI ilegal di Dusun Air Buntar, Desa Membalong, Kecamatan Membalong.

Oleh sebab itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mendukung kegiatan penertiban yang dilakukan Dit Tipiter Bareskrim Polri beberapa waktu lalu.

Bahkan orang nomor satu di Negeri Laskar Pelangi itu meminta bareskrim mengusut tuntas sampai kepada oknum penadah pasir timah ilegal tersebut.

"Kami sangat mendukung itu karena kami tahu siapa-siapa pemain itu. Makanya kami berharao diusut tuntas sampai kepada siapa penadahnya," tegas  pria yang akrab disapa Sanem itu kepada Posbelitung.co , Senin (26/4/2021).

Namun Sanem menyayangkan pemerintah daerah tidak lagi memiki kewenangan di bidang pertambangan pasca dialihkan ke pemerintah pusat, sehingga pihaknya tidak bisa melakukan upaya preventif seperti pencegahan.

Terlepas untuk penindakan memang seharusnya dilakukan aparat yang berwenang.

Oleh sebab itu, dirinya menyarankan pemerintah pusat bisa mempertimbangkan kembali terkait pengaturan kewenangan tersebut.

"Sebenarnya antara kewenangan dan kekuasaan ini harus bersinergi lah. Karena walau bagaimana pun yang lebih tahu kondisi kampung itu ya orang kampung itu sendiri," katanya.

Kemudian, Sanem juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas penambangan ilegal.

Menurutnya masih banyak peluang usaha lainnya dari pada melakukan aktivitas yang merusak lingkungan.

Halaman
1234
Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved