Breaking News:

Ramadhan 2021

Karang Taruna Desa Mengkubang Gelar Lomba Adzan dan Hafalan Surat Pendek

Ketua Karang Taruna Desa Mengkubang Defriyanto mengatakan lomba ini juga sebagai ajang pencarian bibit unggul desa

Ist.Defriyanto
Seorang warga berfoto di depan Masjid Al Quddus yang ada banner informasi lomba beberapa waktu lalu 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Berawal dari kegelisahan warga desa atas rendahnya partisipasi pemuda di masjid, Karang Taruna Desa Mengkubang menggelar Lomba Adzan dan Hafalan Surat Pendek tingkat pelajar dan umum.

Kepada posbelitung.co, Senin (26/4/2021), Ketua Karang Taruna Desa Mengkubang Defriyanto mengatakan lomba ini juga sebagai ajang pencarian bibit unggul desa yang cakap dalam sisi keagamaan.

"Kami tidak tahu apakah di tempat lain seperti ini atau tidak karena yang adzan di masjid kami selalu orang yang sudah tua. Kami sangat ucapkan terima kasih pada mereka, tapi kami pikir perlu adanya regenerasi dalam hal tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan mengadakan lomba ini," kata Defri.

Ia menilai rendahnya partisipasi pemuda dalam hal keagamaan terjadi salah satunya karena perkembangan zaman yang banyak membuat waktu mereka dihabiskan bermain dengan smartphone masing-masing. Hal itu akhirnya yang membuat sisi keagamaan mulai ditinggalkan oleh para pemuda.

Dia bercerita awalnya panitia pesimis lomba ini bakal diminati, namun kenyataan mengatakan kebalikannya. Dari pendaftaran dibuka sejak 22 April 2021 sampai hari ini sudah ada lebih 40 orang yang mendaftar lomba ini. Dia mengaku kaget atas antusias yang ia dapatkan ini.

Defri bilang kegiatan ini juga sebagai wujud tanggungjawab dari Karang Taruna Desa sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Ia berharap dengan adanya Lomba Adzan dan Hafalan Surat Pendek ini bisa mendorong generasi muda untuk aktif dalam kegiatan keagamaan dari lingkungan terkecil hingga lingkungan masyarakat.

"Kami pikir kegiatan ini juga sebagai starting point untuk lebih ditingkatkan lagi ke depannya demi pengembangan aspek rohani warga sekitar. Semoga bisa jadi contoh bagi desa lain juga untuk mengadakan kegiatan rohani seperti ini," harapnya.

Lomba ini akan dilaksanakan pada 1 dan 2 Mei 2021 mendatang sedangkan pendaftaran berakhir pada 30 April 2021. Terbuka bagi pelajar SD, SMP, SMA, dan umum dengan maksimal umur 18 tahun.

Lomba akan dilaksanakan terpusat di Masjid Al Quddus, Desa Mengkubang, Damar. Hadiah total yang akan disiapkan panitia ialah uang tunai jutaan rupiah. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved