Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Kasus Covid-19 di Belitung Timur Bertambah Tiap Hari, Testing 50 Orang per Hari, Dinkes Lakukan 3T

Sepanjang bulan April 2021 hampir setiap hari terjadi penambahan kasus covid-19 di Belitung Timur.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Pasien covid-19 di Belitung Timur saat dipindahkan ke mobil jenazah, Jumat (5/3/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sepanjang bulan April 2021 hampir setiap hari terjadi penambahan kasus covid-19 di Belitung Timur.

Bahkan pada 21 April 2021, rekor penambahan kasus per hari terjadi di Belitung Timur dengan 51 kasus.

Terkait kondisi ini, Dinas Kesehatan Belitung Timur bakal terus menggencarkan Tracking, Testing, dan Treatment (3T) atas orang-orang yang terindikasi positif covid-19.

Kepada Posbelitung.co, Rabu (28/4/2021), Kasi Surveilans Bidang P2P Dinkes-PPKB Beltim Herlina mengatakan pihaknya tetap melakukan prosedur-prosedur yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan dalam menangani Covid-19.

"Tren kasus Covid-19 di Belitung Timur memang meningkat. Namun kami juga getol dalam melaksanakan 3T agar penyebaran ini setidaknya bisa ditekan," kata Herlina.

Namun, dia menyayangkan masih banyaknya orang yang tidak peduli terbukti dari banyaknya warga yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Dia menilai pendisiplinan ini merupakan tugas bersama, tak bisa hanya satu pihak saja.

Herlina mengatakan, dalam setiap hari rata-rata mereka melakukan 50 testing terhadap orang-orang yang masuk dalam daftar tracking.

Angka tersebut tergantung dengan seberapa banyak orang yang positif di setiap kecamatan.

Dia mengatakan, saat terjadi penambahan 51 kasus positif covid-19 mereka melakukan testing pada ratusan orang dengan status kontak erat.

"Karena sekarang untuk testing dilakukan di setiap puskesmas di tiap kecamatan. Hal ini berguna supaya orang yang terindikasi bisa cepat diketahui apakah dia positif atau tidak. Biar langkah-langkah yang dilakukan juga tepat dan aman bagi orang tersebut dan bagi tenaga kesehatan," ungkapnya.

Sementara itu, Herlina menyebutkan stok alat swab antigen di pihaknya saat ini menipis.

Namun, hal itu akan teratasi ketika bantuan alat swab antigen dari BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tiba. Dia mengatakan ribuan alat swab antigen bantuan itu bakal tiba ke Belitung Timur besok.

"Kalau stok alat swab antigen di Dinas Kesehatan sedang kosong karena semuanya diover ke puskesmas. Semoga bantuan dari BPBD provinsi besok bisa mempercepat dan memperbanyak testing yang dilakukan," harap Herlina. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved