Breaking News:

Berita Belitung Timur

Kebutuhan Sapi di Belitung Timur 200 Ekor Selama Ramadan hingga Idul Fitri,Jika Kurang Ini Solusinya

Kebutuhan sapi di Belitung Timur selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri mencapai 200 ekor.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Bidang Peternakan Distangan Beltim Heru Indramarta 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kebutuhan sapi di Belitung Timur selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri mencapai 200 ekor.

Sedangkan dari hasil survei yang dilakukan Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Belitung Timur, rata-rata sapi yang siap dipotong sekitar belasan ekor di setiap kandang.

Kepala Bidang Peternakan Distangan Beltim Heru Indramarta mengatakan berdasarkan angka tersebut bisa dibilang stok di Belitung Timur cenderung kurang.

Namun dia mengaku sudah melakukan langkah-langkah agar mengatasi hal tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi lintas kabupaten dengan Belitung untuk memastikan kecukupan kebutuhan daging sapi di Belitung Timur. Biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya, kebutuhan sapi juga dibeli masyarakat dari Tanjungpandan," kata Heru kepada Posbelitung.co, Rabu (28/4/2021).

Heru menambahkan Belitung Timur dan Belitung masih satu pulau biasanya kebutuhan Beltim kalau masih kurang, selama di Belitung ketersediaan mencukupi masih tetap tidak masalah.

Artinya, tambahnya, orang Belitung Timur tetap bisa beli daging dari Tanjungpandan.

Heru menyebutkan hal tersebut juga berlaku bagi pedagang sapi dari Belitung Timur.

Terkadang mereka tidak sepenuhnya mengandalkan stok sapi di kandang tapi langsung membeli sapi siap potong di Tanjungpandan.

"Kadang-kadang peternak, kalau untuk lebaran beli sapi yang siap potong, bukan penggemukan. Jadi kalau mereka tidak menyetok di kandang, mereka bisa beli di sana dan potong disini atau beli di sana, potong disana," ungkap Heru.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved