Breaking News:

Berita Belitung Timur

68 Warga Kelapa Kampit Belitung Timur Terjaring Razia Protokol Kesehatan Covid-19

Sejumlah 68 warga Kelapa Kampit Belitung Timur terjaring razia Tim Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

Ist/Satpol PP Beltim
Suasana Operasi Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19 di Kelapa Kampit, Jumat (30/4/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sejumlah 68 warga Kelapa Kampit Belitung Timur terjaring razia Tim Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Belitung timur, Jumat (30/4/2021).

Operasi yang pertama kali dilakukan sejak bulan Ramadhan ini dilaksanakan pukul 20.00-22.00 WIB di sepanjang ruas Jalan Sudirman Kawasan Pasar Kelapa Kampit, beberapa warung kopi, dan tempat kerumunan warga.

Kepada posbelitung.co, Sabtu (1/5/2021), Kasat Pol PP Beltim Zikril menyebutkan akan melaksanakan giat serupa sebanyak 30 kali sepanjang tahun 2021 ini, selain giat rutin harian, mingguan, atau bulanan yang dilaksanakan masing-masing instansi keamanan di wilayah Belitung Timur.

Ia mengatakan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan ini juga sebagai amanat Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 yang dijabarkan melalui Peraturan Bupati nomor 44 tahun 2020 di Belitung Timur.

Pihaknya memilih Kelapa Kampit sebagai tempat pertama operasi yustisi karena di wilayah ini kasus positif tumbuh sangat cepat lewat transmisi lokal sehingga butuh langkah untuk mengantisipasinya.

Dari 68 orang yang terjaring, lanjut Zikril, kebanyakan dari mereka tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak. Ada juga beberapa warung kopi yang tidak menyediakan sarana prokes menjadi sasaran operasi.

"Mereka dikenakan sanksi ringan sampai sedang berupa sanksi sosial teguran tertulis dan pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan melanggar protokol kesehatan covid-19," kata Zikiril yang memonitor kegiatan bersama Danramil Manggar Mayor Inf Djoko Lelono dan Kapolsek Kelapa Kampit AKP Sukimin.

Dia menekankan bahwa ketika orang yang terjaring razia kali ini ditemukan kembali melakukan pelanggaran yang sama maka akan diberikan sanksi berat, seperti denda uang sampai pencabutan izin usaha.

Zikril berharap seluruh masyarakat bisa menjadikan anjuran protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru yang melekat supaya penyebaran covid-19 di Belitung Timur bisa ditekan.

Selanjutnya, operasi serupa akan dilaksanakan di Pusat Kota Manggar pada Rabu (5/5/2021) mendatang. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved