Breaking News:

Berita Belitung

Heni Kreasikan Lais Jadi Buah Tangan Khas Belitung

Bertahun-tahun menggeluti beragam seni kerajinan tangan membuat Heni Fediaztuti tak berhenti belajar.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pemilik Felikha Belitong Heni Fediaztuti (kanan) bersama Mantri BRI Unit Pangkalalang Muhammad Reza (tengah) saat berbincang dengan pembawa acara Jaryanto di Dialog Ruang Kita Pos Belitung, Jumat (30/4/2021) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG-- Bertahun-tahun menggeluti beragam seni kerajinan tangan membuat Heni Fediaztuti tak berhenti belajar.

Dengan niat mengembangkan produk menarik agar bisa menjadi oleh-oleh atau buah tangan khas Belitung, ia lalu mengkreasikan anyaman lais.

Berbekal keterampilan dan kreativitas, anyaman lais dari pengrajin lalu dikombinasikannya dengan rajutan juga aksesoris menarik yang mempercantik tampilan produknya.

Beberapa produk seperti campang hingga tas-tas kombinasi ditampilkannya ketika hadir di Dialog Ruang Kita Pos Belitung, Jumat (30/4/2021).

Bersama Mantri BRI Unit Pangkalalang Muhammad Reza, keduanya asyik berbincang dengan pembawa acara Jaryanto.

"Baru tertarik selama tiga tahun pariwisata makin ramai jadi mulai berpikir untuk oleh-oleh yang khas Belitung, selama ini anyaman banyak daerah-daerah lain. Saya lihat ada potensi yang kita punya, saya mencoba membuat lais ini jadi buah tangan. Dimodifikasi dengan rajutan dan kain," ungkap Heni.

Tak hanya produk jadi saja, di Felikha Belitong, merek jual kerajinan milik Heni ini juga biasanya menerima pesanan berdasarkan permintaan konsumen.

Baik dari ukuran hingga aksesoris tas bisa ditambahkan sesuai keinginan pembeli. Waktu pengerjaan pun terbilang tak lama, disesuaikan dengan banyaknya pesanan yang sedang dikerjakan. Paling lama, satu tas memakan waktu sepekan.

Menargetkan pasar wisatawan, produk-produk Felikha Belitong ini juga memiliki kemasan menarik. Tak sekadar menjual produk saja, Heni mengemasnya dengan menambahkan narasi mengenai tanaman lais yang digunakan sebagai bahan baku. Mulai dari cara pengambilan lais, pengolahan, hingga sampai siap anyam.

Buat yang tertarik mendapatkan tas unik ini, bisa membelinya di toko oleh-oleh di Belitung, seperti Galeri KUMKM dan Blitss. Di samping, ada juga media sosial Felikha Belitong yang bisa diakses buat melihat beragam produk dan model, hingga memesan produknya langsung dari Heni.

Dalam mengembangkan usahanya, Heni menjadi satu di antara nasabah BRI Unit Pangkalalang. Menurut Mantri BRI Unit Pangkalalang Muhammad Reza, BRI hadir buat membantu pelaku UMKM seperti Heni, hingga masyarakat seperti nelayan.

Bagi mitra binaan, kata Reza, pihak BRI biasanya memberikan bantuan berupa promosi dan pemasaran produk. Ini dilakukan agar pelaku UMKM bisa terus tumbuh dan mengembangkan usahanya.

Proses mendapatkan kredit usaha bagi pelaku UMKM juga terbilang cepat, selama telah memenuhi administrasi dan dinilai layak setelah proses verifikasi.

"Kalau baru mau menjadi nasabah, jangan takut meminjam, apalagi kami utamakan UMKM. Kalau punya usaha, butuh uang memutar modal hingga mengembangkan usaha, tinggal datang ke BRI Pangkalalang," katanya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved