Info Kesehatan

Air Ludah Bisa Sembuhkan Luka Ternyata Benar, Penelitian Ungkap Karena Saliva Mengandung Histatin

Dimana mereka sempat mengidentifikasi suatu zat dalam air ludah manusia yang ternyata bisa mempercepat penyembuhan luka.

Editor: Rusaidah
Air Ludah Bisa Sembuhkan Luka Ternyata Benar, Penelitian Ungkap Karena Saliva Mengandung Histatin
Grid.id
Zat dalam air ludah manusia ternyata bisa mempercepat penyembuhan luka.

POSBELITUNG.CO - Sedari dulu kebiasaan memberikan air ludah atau air liur pada bagian tubuh yang ter luka sudah dilakukan banyak orang.

Pasalnya kebiasaan memberikan ludah ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka.

Maka tak heran setelah membersihkan luka banyak orang langsung memberikan air liur saat obat antiseptik tidak tersedia.

Namun melihat fenomena ini, benarkah air ludah dapat mempercepat penyembuhan luka?

Menjawab pertanyaan tersebut, sebuah penelitian sempat meneliti manfaat air liur terhadap penyembuhan luka ini.

Dimana mereka sempat mengidentifikasi suatu zat dalam air ludah manusia yang ternyata bisa mempercepat penyembuhan luka.

Temuan tersebut diketahui sempat dipublikasikan dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB).

Dimana dalam hasil penelitiannya ditemukan protein kecil bernama histatin di dalam air liur yang dipercaya membunuh bakteri dan juga bertanggung jawab atas penyembuhan luka.

Dikutip dari Xin Hua, penelitian ini sempat disebut sebagai kabar baik bagi dunia medis.

Lantaran protein histatin ini memiliki potensi kemungkinan untuk diproduksi secara massal sebagai krim antibiotik dan alkohol gosok.

Menurut Menno Oudhoff, penulis pertama laporan tersebut mengatakan temuan ini menjanjikan harapan kepada orang yang menderita luka kronis yang berhubungan dengan diabetes dan gangguan lain, serta luka traumatis dan luka bakar.

"Kami berharap temuan kami pada akhirnya bermanfaat buat orang yang menderita luka yang tak kunjung sembuh, seperti borok di kaki dan luka akibat diabetes, serta bagi perawatan luka mengakibatkan trauma seperti luka bakar," kata Menno.

Disisi lain Gerald Weissmann, Pemimpin Redaksi FASEB Journal juga mengatakan temuan ini menjawab mengenai pertanyaan mengenai hewan yang sering menjilati lukanya sendiri.

"Studi ini bukan hanya menjawab pertanyaan biologi mengenai mengapa hewan menjilati luka mereka," kata Gerald.

Penelitian itu juga disebut menjawab mengapa luka di mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi, bisa sembuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit ataupun tulang.

(*)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Grid.id dengan judul Air Ludah Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka, Menurut Penelitian Benar Adanya Karena Saliva Mengandung Histatin

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved