Breaking News:

Hardiknas 2021, Ini Tantangan Pendidikan di Era Pandemi Menurut Kadindik Belitung Timur

Tema Hardiknas tahun ini disebut sebagai PR besar untuk direfleksikan pada dunia pendidikan di era pandemi virus Corona.

Posbelitung.co/dokumentasi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Amrizal 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Pendidikan Belitung Timur Amrizal mengatakan tahun ini  Hari Pendidikan Nasional 2021 yang diperingati setiap 2 Mei mengangkat tema 'Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar'.

Dia menyebutkan tema ini sebagai PR besar untuk direfleksikan pada dunia pendidikan di era pandemi virus corona sekarang ini. Dia mengartikan merdeka belajar ialah murid dan guru memiliki kebebasan belajar dan mengajar.

"Kita ingin sistem pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Di era pandemi ini itu tidak gampang. Apalagi ada sekolah yang selama setahun ini belum pernah tatap muka. Bagaimana mau merdeka belajar, tapi belajar saja tidak pernah?" kata Amrizal saat ditemui posbelitung.co, Senin (3/5/2021).

Amrizal bilang saat ini bisa dijadikan momen untuk menyesuaikan kegiatan belajar mengajar dengan kondisi yang ada.

Saat ini, ia bercerita, pembelajaran daring dinilai belum efektif, baik bagi siswa maupun bagi pendidik karena belum terbiasa.

Sekarang, pembelajaran daring dianggap sebagai suatu yang aneh.

Namun, menurut Amrizal, covid-19 mau tidak mau memaksa setiap orang harus memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran.

Hal itulah yang harus dipelajari dan adaptasikan demi kemajuan pendidikan di Belitung Timur.

"Kita akan terus berusaha mengiringi di era pandemi covid-19 sehingga sama-sama masuk ke era pembelajaran yang diinginkan oleh siswa dan guru," kata Amrizal.

Dia melanjutkan kegiatan pembelajaran tetap akan dilakukan dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Namun dia menekankan soal penerapan protokol kesehatan karena saat ini hanya itu cara yang bisa dilakukan dalam mencegah penyebaran virus corona.

"Kita harus bijak, bukan hanya Dindik atau tenaga kependidikan tapi semua pihak harus memahami mana yang penting dan yang tak penting. Harus balance, masyarakat juga sebagai pengawas," tutupnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved