Lifestyle

Ini Dia 3 Alasan Roti Tidak Disarankan untuk Sahur dan Berbuka

Tidak disarankan makan roti di saat sahur, karena akan menyebabkan kadar gula darah naik.

Editor: Rusaidah
Sajian Sedap
Roti tidak disarankan untuk disantap saat sahur dan berbuka dengan alasan kesehatan. 

POSBELITUNG.CO - Tak dipungkiri memang beberapa makanan dapat menggugah selera saat sahur dan berbuka puasa, yaitu makan roti yang baru selesai dipanggang, roti yang dikukus, dan mentega krim.

Terutama setelah seharian ber puasa, roti yang lembut dan empuk akan memikat bahkan pencegah karbohidrat.

Tetapi seperti halnya kelompok makanan lainnya, makan roti berlebih di saat sahur dan berbuka menyebabkan ketidaknyamanan dan penambahan berat badan.

Sebagian besar terbuat dari tepung putih, yang disuling untuk menghilangkan dedak dan kuman, roti bukanlah pilihan yang paling sehat.

Kita mungkin berpikir bahwa mengonsumsinya selama sebulan dalam setahun tidak akan banyak membahayakan, tetapi dokter memperingatkan agar tidak memakannya secara berlebihan.

Faktanya, ahli diet mengatakan sepotong roti seukuran telapak tangan kita sama setara lebih dari 130 kalori. Meskipun dari sudut pandang kalori ini mirip dengan roti gandum, karena kekurangan serat dan banyak nutrisi, itu hampir bisa dianggap kalori kosong.

Ahli Gizi dan Ahli Diet Hazal Çatrtan Çobanoglu dari Universitas Ankara di Turki memperingatkan bahwa karena roti terbuat dari tepung putih beragi, ia memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah periode puasa yang lama.

"Kebanyakan orang tidak membatasi konsumsi roti ini karena kelaparan. ... Tapi orang dengan resistensi insulin, diabetes dan masalah berat badan harus lebih berhati-hati," katanya.

Çobanoglu membagikan tiga tip untuk mencegah diri makan roti berlebihan dan kita bisa bersikap ramah terhadap sistem pencernaan kita;

1. Jangan makan roti saat sahur

Atau pilih satu kali makan, buka buka puasa atau sahur, untuk makan sedikit roti. Jangan makan dua kali sehari.

Tidak disarankan makan roti di saat sahur, karena akan menyebabkan kadar gula darah naik dan membuat kita lebih cepat lapar. Oleh karena itu, roti sebaiknya disediakan untuk buka puasa.

2. Jangan mengonsumsi roti dengan makanan ini

Jika kita akan makan karbohidrat seperti sup, nasi, dan pasta saat buka puasa, Çobanoglu mengatakan mungkin yang terbaik adalah makan sedikit roti atau tidak sama sekali.

Meskipun makan banyak karbohidrat pada awalnya akan membuat kita merasa kenyang, hal itu akan membuat kitalebih cepat lapar dan lama kelamaan dapat menyebabkan pertambahan berat badan jika diet tidak diimbangi dengan protein dan lemak sehat.

3. Pilih jenis roti

Pilih roti yang terbuat dari gandum utuh atau tepung gandum hitam sebagai pengganti tepung putih untuk menambah asupan serat dan lebih rendah indeks glikemiknya.

(*)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Grid.id dengan judul 3 Alasan Mengapa Roti Tidak Disarankan Untuk Sahur dan Berbuka

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved