Breaking News:

Ramadhan 2021

Jaksa Belitung Timur Sosialisasi e-Tilang Sekaligus Bagi-bagi Takjil kepada Pengendara

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung Timur (Beltim), Riki Apriansyah, Senin (3/5/2021) menggelar Sosialisasi

istimewa
Suasana pembagian takjil sekaligus sosialisasi e-Tilang kepada para pengendara, Senin (3/5/2021). (Ist/Riki) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung Timur (Beltim), Riki Apriansyah, Senin (3/5/2021) menggelar Sosialisasi Program Tilang Elektronik atau e-Tilang kepada para pengendara di Jalan Jenderal Sudirman, Manggar, Beltim.

"Kami juga menjelaskan tata cara dan prosedur bagaimana menggunakan e-Tilang ini. Karena selain memudahkan juga menghindari pungutan liar dalam mewujudkan Kejaksaan Negeri Belitung Timur sebagai Wilayah Birokrasi Bersih Melayani," kata Riki yang mendampingi Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur Abdur Kadir.

Sampai 1 Mei 2021, lanjutnya, sudah ada 25 tilang yang dibayarkan melalui proses e-Tilang ini. Itu berarti dia menilai masyarakat sedikit demi sedikit sidah paham dan berusaha menggunakan program ini.

"Kami akan terus edukasi kepada masyarakat terkait program ini. Selain itu, dengan menggunakan e-Tilang kita tidak perlu ke mana-mana, cukup lewat HP saja. Sekalian mengurangi kerumunan penyebab covid-19," ujar Riki.

Riki bilang pembayaran e-Tilang secara non-tunai ini adalah bentuk tindak lanjut Kejaksaan Negeri Belitung Timur terhadap surat Wakil Jaksa Agung kepada seluruh Satuan Kerja (Satker) Kejaksaan RI nomor B-119/B/WJA/12/2020 tanggal 30 Desember 2020 yang pada intinya memerintahkan kepada seluruh Satker kejaksaan di seluruh Indonesia untuk menggunakan aplikasi e-Tilang.

Selain itu, sambil menyosialisasikan Program e-Tilang mereka juga membagikan takjil berbuka puasa kepada para pengendara. Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur Abdur Kadir menyebutkan ini sebagai bukti kepedulian kejaksaan terhadap masyarakat.

"Kami bersama Seksi Pidana Umum Kejari Beltim membagikan 300 paket takjil, kalender, dan brosur e-Tilang. Ini upaya kami menjadikan jaksa sebagai sahabat masyarakat," kata Abdur. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved