Breaking News:

Info Kesehatan

Jangan Abaikan Kesemutan, Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius!

Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan, termasuk konsumsi beberapa jenis obat.

Thinkstock
Kesemutan selain akibat salah posisi juga bisa mengindikasikan adanya penyakit serius. 

POSBELITUNG.CO - Kesemutan atau mati rasa adalah sensasi tertusuk yang tidak biasa yang dapat terjadi di bagian tubuh mana pun.

Orang umumnya memperhatikan sensasi ini di tangan, kaki, lengan, dan tungkai. Istilah medis untuk mati rasa dan kesemutan adalah paresthesia.

Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan, termasuk konsumsi beberapa jenis obat.

Hal-hal yang kita lakukan setiap hari terkadang dapat menyebabkan mati rasa, antara lain duduk atau berdiri dalam satu posisi dalam waktu lama, duduk dengan menyilangkan kaki, atau tertidur di lengan.

Ini semua adalah contoh tekanan yang diberikan pada saraf. Begitu kita bergerak, mati rasa akan membaik.

Jika mati rasa dan kesemutan terus berlanjut dan tidak ada penyebab yang jelas dari sensasi tersebut, itu bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius atau cedera, seperti multiple sclerosis atau carpal tunnel syndrome. Perawatan akan tergantung pada diagnosis.

Sebab, selain salah posisi, ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan, seperti: gigitan serangga atau hewan, racun yang ditemukan dalam makanan laut, tingkat abnormal vitamin B-12, kalium, kalsium, atau natrium yang rendah di dalam tubuh, terapi radiasi dan obat-obatan, terutama kemoterapi.

Beberapa penyakit juga menyebabkan mati rasa atau kesemutan sebagai gejalanya. Contoh penyakit ini meliputi diabetes, sakit saraf, migraine, stroke atau serangan iskemik transien (stroke mini), kejang, pengerasan arteri dan tiroid kurang aktif (hipotiroidisme, tiroiditis Hashimoto).

Setiap orang pernah mengalami mati rasa, kesemutan, atau sensasi terbakar pada kesempatan tertentu. Kita mungkin pernah merasakannya saat berdiri setelah duduk dalam satu posisi dalam waktu yang lama. Biasanya sembuh dalam beberapa menit.

Namun, kita harus berkonsultasi dengan dokter jika tidak ada penyebab yang jelas untuk terus mati rasa dan kesemutan, merasa pusing atau kejang otot, atau mengalami ruam.

Halaman
123
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved