Breaking News:

Ramadhan 2021

Jelang Idul Fitri 1442 H, Bupati Belitung Timur Instruksikan Satpol PP Tertibkan Kerumunan 

Menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, terjadi beberapa titik kerumunan di Kota Manggar dan sekitarnya. Agar tidak terjadi seperti di Tanah Abang

istimewa
Petugas Satpol PP Belitung Timur saat berpatroli di satu pusat perbelanjaan di Manggar, Senin (3/5/2021). (Ist/Satpol PP) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, terjadi beberapa titik kerumunan di Kota Manggar dan sekitarnya. Agar tidak terjadi seperti di Tanah Abang Jakarta, Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin menginstruksikan Satpol PP agar menertibkan kerumunan yang terjadi.

Ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (3/5/2021), Burhanudin mengatakan kerumunan terjadi didominasi antara penjual dan pembeli. Selain itu, lanjutnya, kebanyakan dari mereka tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Kita juga minta kerjasamanya kepada para penanggungjawab ritel, swalayan, toko-toko agar turut menjaga supaya jangan sampai berkerumun dan pastikan penggunaan masker setiap pembeli yang datang," imbau bupati.

Burhanudin meminta masyarakat ikut membantu secara sadar agar penyebaran covid-19 bisa diputus. Sebab ia tidak menginginkan munculnya varian baru covid-19 hanya karena kelalaian masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kita kan ingin mencegah, menekan penyebaran virus ini di daerah kita. Hargai apa yang sudah disampaikan pemerintah. Apalagi ada varian baru yang kita tidak tahu dan yang meninggal banyak. Mari kita belajar dari peristiwa di India. Kita tidak mau itu terjadi di wilayah kita," tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kasatpol PP Belitung Timur, Zikril, Senin (3/5/2021) mengaku langsung menambahkan giat patroli sesuai instruksi Bupati. Bahkan saat ini, pendekatan berupa imbauan sengaja memaksimalkan anggota Satpol PP perempuan dengan tugas sebagai juru penerangan.

"Kita sudah rutin melakukan patroli dan setiap kegiatan kita buat laporannya ke beliau. Tetapi kita tambah lagi untuk juru penerang oleh tim patroli wanita di tempat-tempat keramaian," jelasnya.

Zikril menegaskan, patroli akan lebih ketat dalam rangka mengimbau para pemilik usaha dengan ketegasan yang terukur.

"Bupati minta kita tingkatkan patroli. Kita temui pemilik usaha dilapangan. Ada standarnya dan apa yang akan dilakukan. Petugas wanita kita terjunkan karena lebih tegas tanpa beban," kata Zikril. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved