Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Jelang Lebaran Aktivitas Warga di Pasar Tradisional Semakin Padat, Ada yang Abaikan Prokes

Tenda terpal warna biru, Senin (3/5/2021) sudah mulai bermunculan di pinggir jalan aspal di Pasar Transisional Tanjungpandan, Belitung.

posbelitung.co
Suasana pasar dadakan di Pasar Tradisional Tanjungpandan Belitung, Senin (3/5/2021). (Posbelitung.co/Disa Aryandi) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Tenda terpal warna biru, Senin (3/5/2021) sudah mulai bermunculan di pinggir jalan aspal di Pasar Transisional Tanjungpandan, Belitung. Berbagai pedagang dadakan sudah mulai berjualan kebutuhan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Aktivitas di pasar tradisional tersebut, tentu mengalami peningkatan. Tanpa hiraukan kasus Pandemi covid-19 di Belitung semakin meningkat, masyarakat secara bergantian datang untuk membeli kebutuhan Idul Fitri, maupun hanya sekedar bertanya tentang harga.

Sebagian masyarakat yang datang ke Pasar Tradisional Tanjungpandan ini, belum sepenuh nya mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Terdapat beberapa warga yang datang ke pasar, tidak menggunakan masker, serta tidak menerapkan social distancing.

Tempat cuci tangan atau penyediaan hand sanitizer di area pedagang, belum terlihat alias belum ada. Sebagian pedagang, ditemukan tidak menggunakan masker, ketika berjualan kebutuhan lebaran di area tersebut.

"Kami sebetulnya ada rasa takut (Pandemi Covid-19), tapi mau bagaimana lagi, karena ini urusan perut," kata Erik, satu di antara pedagang dadakan di Pasar Tradisional Tanjungpandan kepada Posbelitung.co, Senin (3/5/2021).

Pasar dadakan ini sudah muncul sekitar satu pekan lalu. Aktivitas masyarakat menjelang Idul Fitri tersebut, tentu semakin meningkat dibanding tahun 2020 lalu. Kondisi ini akan semakin meningkat, hingga H minus satu sebelum Idul Fitri.

"Ya lebih ramai tahun ini dibanding Tahun 2020 kemarin. Satu minggu ini saja ramai terus, kalau tahun kemarin agak sepi dari ini, karena Covid-19, walaupun sekarang masih pandemi juga," ujarnya.

Erik mengatakan, segi daya beli warga kini sudah mulai stabil, dan sudah banyak orang yang membeli. Terutama kurun waktu dua hari belakang, peningkatan daya beli semakin signifikan.

Pedagang lain, Zakie mengatakan, untuk situasi pasar tradisional Tanjungpandan, kini mengalami peningkatan dibanding tahun 2020 lalu. Biasanya kondisi tersebut akan terus meningkat hingga H minus tiga menjelang Idul Fitri.

"Nanti biasanya ramai H minus tiga. Ini masih kategori sepi, masyarakat sebagian hanya bertanya - tanya soal harga saja," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved