Breaking News:

Berita Belitung

Pelabuhan Tanjung Ru Dikelola BUP, Sanem Berharap Jadi Sumber PAD

Pelabuhan Tanjung Ru Kabupaten Belitung, dikelolah oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Tanjung Batu Port.

posbelitung.co
Bupati Belitung, Sahani Saleh meninjau Pelabuhan Tanjung Ru. (Posbelitung.co/Suharli) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Pelabuhan Tanjung Ru Kabupaten Belitung, dikelolah oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Tanjung Batu Port. Seiring adanya pengelolaan tersebut, ke depan diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi kabupaten setempat.

Hal itu isampaikan Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) usai melaunching kerja sama BUP PT Tanjung Batu Port dengan Dinas Perhubungan Belitung, di Pelabuhan Tanjung Ru.

Sanem menjelaskan selama ini, operasional Pelabuhan Tanjung  Ru dikelola oleh Dinas Perhubungan Belitung, sejak dibentuknya UPT yang sifatnya pelayanan.

Namun karena UPT ada batasan kewenangan dalam hal ini, pemerintah tidak bisa berbisnis langsung. Oleh karenanya pengelolaan harus dengan badan usaha sesuai  peruntukannya. Badan usaha itu  menurutnya harus sifatnya pengelolaan pelabuhan.

"Kita kan ada BUMD Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Bila sudah dikelola BUP  baru bisa kerja sama dengan perusahaan lain, atau pihak swasta nah inilah nanti bisa jadi sumber PAD, kalau masih sebatas UPT itu tidak ada istilah bisnisnya, dia murni pelayanan," ujar Sanem kepada awak Media, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, setelah adanya kerja sama operasional pada hari ini, maka Direksi BUP PT Tanjung Batu Belitung Indonesia harus mampu menyelenggarakan usaha secara profesional dan bertanggung-jawab pada prinsip-prinsip usaha bisnis sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, BUP juga diharapkan mampu memberikan pelayanan, baik untuk jasa pelayanan kepelabuhan dan transportasi angkutan perairan kepada masyarakat.

"Melalui komitmen dan kinerja yang maksimal tersebut, tentunya akan berdampak positif kepada peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah, seperti dengan aktifnya kegiatan ekonomi dibidang transportasi laut pada sektor kepelabuhanan dan memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah," ujarnya. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved