Breaking News:

Berita Belitung

Pengumuman Kelulusan SMAN 1 Tanjungpandan Tanpa Perayaaan, Persiapkan Diri Melanjutkan Pendidikan

Beberapa waktu setelah pengumuman kelulusan siswa-siswi di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Belitung, Senin (3/5/2021)

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Siswa SMAN 1 Tanjungpandan yang dinyatakan lulus, Senin (3/5/2021). (Posbelitung.co/Disa Aryandi) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Beberapa waktu setelah pengumuman kelulusan siswa-siswi di SMA Negeri 1 Tanjungpandan Belitung, Senin (3/5/2021), hanya terlihat beberapa orang tua dan guru. Tak ada suasana perayaan oleh sekumpulan siswa. Hanya terlihat beberapa siswa yang masih terlihat menunggu orang tua atau sekadar duduk di depan ruang kelas.

Misalnya saja Putri dan Dewi. Kedua siswa yang baru saja dinyatakan lulus ini mengaku deg-degan saat menunggu hasil kelulusan.

"Ada rasa getar (grogi), tapi Alhamdulillah sudah selesai. Tadi ayah yang ngambil, tapi belum lihat hasilnya," kata Putri.

Meski usai pengumuman kelulusan, keduanya menyebut tak ada rencana perayaan tertentu. Justru setelah lulus SMA, mereka  mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Rencana melanjutkan kuliah karena sudah diterima jalur SNMPTN di Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris," kata Dewi.

Putri juga berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Menurutnya, saat ini ia sedang menunggu pengumuman hasil SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) yang telah diikutinya beberapa waktu lalu.

Di SMA Negeri 1 Tanjungpandan, sebanyak 253 siswa dinyatakan lulus. Pengumuman kelulusan dilakukan secara langsung kepada orang tua, sekaligus membagikan rapor dan surat keterangan hasil ujian (SKHU).

"Tahun ini memang tadinya mau lewat online tapi masih memungkinkan pemanggilan sistem shift, sekaligus kami membagikan rapor dan SKHU, karena banyak dibutuhkan siswa, terutama yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi atau sekolah kedinasan yang membutuhkan nilai SKHU," kata Kepala SMAN 1 Tanjungpandan Jantimala.

Menurutnya, kebanyakan siswa memang sudah mempersiapkan diri melanjutkan ke pendidikan tinggi, termasuk ada 25 siswa yang sudah lolos seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur nilai rapor.

"Yang lain mereka di awal April ada tes SBMPTN, kebanyakan tes di sini karena kalau pergi ke luar jarang, kondisi Covid-19 gini kami anjurkan tes di sini saja karena lebih aman, kalau untuk perguruan tinggi di Jawa juga masih dilakukan secara online. Anak-anak di sini, perguruan tinggi swasta juga sudah banyak yang mendaftar,"katanya.

Kelulusan bagi siswa SMA, lanjutnya, merupakan awal perjuangan. Makanya pihak sekolah juga melarang para siswa melakukan perayaan berupa konvoi atau coret-coret. Serta akan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar.

Namun dalam momen kelulusan, rencananya pihak sekolah akan menggelar syukuran bagi siswa kelas 12 melalui buka puasa bersama.

Buat siswa yang telah lulus seleksi masuk ke perguruan tinggi, ia berpesan agar terus berusaha mendapatkan nilai yang baik, serta nantinya bisa mengikuti kegiatan tambahan yang menambah wawasan.

Sementara bagi siswa yang memilih tak melanjutkan pendidikan, agar tak hanya bekerja saja, tapi justru menciptakan lapangan kerja.

"Karena banyak sekali peluang untuk kewirausahaan yang sudah dibekali juga walaupun masih terbatas, tapi bisa dikembangkan lagi," katanya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved