Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Soal Lemahnya Prokes di Pasar Tanjungpandan, Begini Tanggapan Hendra Caya 

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya mengatakan, untuk mencegah terjadinya kluster baru penyebaran

posbelitung.co
Suasana pasar dadakan di Pasar Tradisional Tanjungpandan Belitung, Senin (3/5/2021). (Posbelitung.co/dok) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya mengatakan, untuk mencegah terjadinya kluster baru penyebaran Virus Corona, pihaknya merencanakan berbagai strategi.

Satu di antaranya, langsung terjun ke lapangan memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Terutama di Pasar Tanjungpandan, yang kami paham menjelang Idul Fitri tentu aktivitas mengalami peningkatan. Ini menjadi catatan kami dan akan kami lakukan pemantauan," kata Hendra Caya kepada Posbelitung.co, Senin (3/5/2021).

Kondisi aktivitas di Pasar Tanjungpandan, Belitung sekarang ini, dalam segi penerapan Prokes, terutama dalam penggunaan masker terbilang lemah. 

Adanya peningkatan aktivitas kegiatan masyarakat di Pasar Tanjungpandan tersebut, harus diwaspadai, agar tidak terjadi kluster baru dalam penyebaran Virus Corona.

"Jadi nanti kami akan melakukan sosialisasi dan memberikan kesadaran kepada masyarakat, agar tetap mentaati prokes.  Disamping dalam satu pekan, kami melakukan patroli terpadu selama dua kali," ujarnya.

Pada patroli terpadu itu, pertama kali tim gabungan akan melakukan peneguran apabila ada pedagang yang tidak menerapkan aturan. Apabila masih ditemukan pelanggaran kedua kali, maka akan diberikan teguran administrasi.

"Tapi kalau ketiga kali masih juga, tetap akan kami cabut izin nya, seperti itu kira - kira yang kami terapkan nanti. Itu nanti akan diterapkan sampai Bulan Desember," jelasnya.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel), kini sedang melakukan rapat pembahasan tentang penerapan Prokes, dan perkembangan Kasus Covid-19 di Negeri Serumpun Sebalai.

Belum diketahui apa hasil rapat tersebut, tetapi ada rencana pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga pukul 22.00 WIB.

"Kalau misalkan hasil rapat seperti itu, dan surat nya diterima besok, maka akan langsung di terapkan di Belitung juga," tegasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)
 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved