Breaking News:

Berita Belitung Timur

Awas ! Harga Daging Sapi Bisa Tembus Rp200 Ribu, Begini Kondisinya Saat Ini di Belitung Timur

arga daging sapi menjelang lebaran terjadi peningkatan di Pasar Tradisional Lipat Kadjang, Manggar, Belitung Timur (Beltim).

posbelitung.co
Seorang pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Lipat Kadjang Manggar saat menunggu konsumen, Selasa (4/5/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Harga daging sapi menjelang lebaran terjadi peningkatan di Pasar Tradisional Lipat Kadjang, Manggar, Belitung Timur (Beltim). Harga daging sapi tersebut bertengger pada kisaran Rp165 Ribu hingga Rp180 Ribu per kilogram.

Ditemui Posbelitung.co, Selasa (4/5/2021), Pedagang Daging, Feri mengatakan menjual daging pada kisaran harga Rp165 ribu per kilogram.

Dia mengeluhkan ketiadaan stok sapi yang tidak bisa memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Feri sendiri mengaku sudah mencari ke peternak-peternak sapi namun tidak mendapatkan hasil.

"Normalnya harga daging biasanya sekitar Rp 135 ribu. Ini naik karena permintaan banyak sedangkan penawaran sedikit," kata Feri.

Pedagang lainnya Bung Rohman mengatakan kendala pedagang saat ini adalah harga sapi yang mahal dan ketersediaannya terbatas. Dia sendiri menjual daging pada harga Rp180 ribu karena ia mengaku dapat sapi dari pemasok harganya sudah mahal.

"Sampai sini sudah Rp 170 ribu per kilogram belum dipotong. Malam ini kabarnya sapi dari Madura bakal datang. Semoga bisa menyetabilkan harga," kata Bung Rohman.

Dia memperkirakan jika tidak ada upaya pemerintah maka harga daging bisa tembus ke angka Rp200 ribu per kilogram. Ia harap pemerintah bisa mengupayakan yang terbaik yang sama-sama menguntungkan antara pedagang dan pembeli. 

Untuk daging ayam, saat ini sudah menyentuh Rp 50 ribu per kilogram. Hal ini dikatakan pedagang ayam di pasar yaitu Hengki. Dia memperkirakan harga ini bakal naik saat dekat lebaran nantinya.

"Seminggu yang lalu dari Rp 43 ribu, ke Rp 48 ribu, dan hari ini Rp 50 ribu. Harga ini kan tidak tentu, tergantung dengan persediaan barangnya," kata Hengki sembari bilang bahwa sampai saat ini ketersediaan ayam potong masih aman.

Dari pantauan di lapangan, harga daging bervariasi antara Rp160 hingga 180 ribu per kilogram, tergantung dengan kualitas daging sapi yang dijual. Sedangkan harga ayam potong Rp50 ribu per kilogram dan ayam afkir Rp50 ribu per ekor.

Mengatasi masalah ini Kabag Ekonomi dan Pembangunan Setda Belitung Timur, Hendri Yani mengatakan sudah melakukan beberapa pertemuan yang membahas mengenai harga kebutuhan pokok penting menjelang Hari Raya Idulfitri.

Hendri mengatakan bakal ada memasok daging beku ke pasaran supaya bisa terjadi kestabilan harga.

"Saat ini bupati sudah bersurat ke gubernur agar bisa menetapkan harga acuan pembelian baik di petani dan konsumen. Seiring adanya HAP itu nanti diharapkan bakal ada stabilitas harga," ujar Hendri.

Ditemui di ruang kerjanya, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan sudah mengarahkan dinas teknis terkait agar bekerjasama dengan Bulog Belitung dalam penyediaan daging beku. Dia menyebutkan mulai tanggal 6 Mei 2021 bakal ada intervensi pasar bekerjasama dengan Bulog soal daging sapi dan ayam.

"Selain itu, kami juga mengimbau kepada masyarakat agar pedagang bisa patuh terhadap harga yang sudah ditentukan nantinya," kata Burhanudin. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved