Breaking News:

Berita Belitung

KPPN Tanjung Pandan Salurkan Rp 6,9 Miliar Buat THR ASN, TNI, dan Polri

Tahun ini realisasi belanja pembayaran THR (tunjangan hari raya) 2021 buat instansi vertikal di Belitung dan Belitung Timur sebesar Rp 6,96 miliar.

IST/Dok KPPN
Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Pandan Yessy Silvia Maharini. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Pandan Yessy Silvia Maharini mengatakan bahwa tahun ini realisasi belanja pembayaran THR (tunjangan hari raya) 2021 buat instansi vertikal di Belitung dan Belitung Timur sebesar Rp 6,96 miliar.

Itu diberikan kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, dan Pegawai Non PNS yang meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum didasarkan atas penghasilan April 2021, sebagaimana petunjuk pemberian THR yakni PP 63 tahun 2021 dan PMK 42/PMK.05/2021.

"Penyaluran THR tahun ini disalurkan untuk PNS, prajurit TNI, anggota Polri sebesar Rp 6,16 miliar, pegawai pada lembaga non struktural sebesar Rp 61 juta, dan untuk pegawai pemerintah non PNS sebesar Rp 735 juta," katanya, Selasa (4/5/2021).

Pembayaran THR tahun 2021 merupakan kebijakan Pemerintah yang mengalokasikan dana APBN dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi ekonomi, terutama di masa wabah pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut ditujukan sebagai stimulus perekonomian nasional yang saat ini masih dalam proses recovery dari kontraksi yang terjadi di pertengahan tahun 2020.

Penetapan besaran komponen pembayaran juga telah diperhitungkan dengan matang oleh pemerintah dalam rangka menjaga keseimbangan keuangan negara dan memerhatikan pemerataan penghasilan. Sehingga peningkatan daya beli dalam pemenuhan segala kebutuhan hari raya disaat pandemi Covid-19 dapat terjaga, juga permintaan dan penawaran bisnis perdagangan diharapkan dapat lebih bergeliat, dan perekonomian nasional kembali bergerak normal.

"Demikian juga halnya dalam lingkup Belitung, dengan telah tersalurkannya THR tahun 2021 ini dapat menjaga daya beli masyarakat, dan secara umum akan menjaga pertumbuhan ekonomi di Belitung," ujar Yessy.

Sebelumnya, melalui press statement Menteri Keuangan pada 29 April lalu memastikan pembayaran tunjangan hari raya (THR) tahun 2021 bagi aparatur sipil negara (ASN) yakni PNS, TNI, dan Polri dapat dilakukan paling cepat 10 hari kerja sebelum hari raya.

Untuk tunjangan hari raya (THR) PNS tahun 2021 Kementerian Keuangan mengalokasikan Rp 30,6 triliun, dimana sebesar Rp 14,8 triliun untuk daerah dan sisanya Rp 15,8 triliun dialokasikan untuk pusat.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved