Breaking News:

Berita Belitung

Penukaran Uang Jelang Lebaran, Bank Sumsel Babel Tanjungpandan Siapkan Pecahan Rp 10.000

Penukaran uang sudah dimulai pekan lalu, di BI (Bank Indonesia) sudah dapat uang HCS (hasil cetak sempurna).

Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi penukaran uang 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Penukaran uang menjelang lebaran mulai dilakukan sejumlah perbankan. Seperti halnya Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan yang mulai menerima penukaran uang baru pada Senin (26/4/2021) pekan lalu. Dari nominal pecahan uang baru, perbankan daerah ini banyak menyediakan pecahan Rp 10.000 dan Rp 20.000.

"Penukaran uang sudah dimulai pekan lalu, di BI (Bank Indonesia) sudah dapat uang HCS (hasil cetak sempurna). Mulai Senin, pengambilan kas ke BI," kata Wakil Pemimpin Cabang Bank Sumsel Babel Tanjungpandan Martin Dwista, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya, tidak ada dana tertentu yang disiapkan buat penukaran uang. Nasabah yang menukarkan uang pecahan baru juga tidak ada batasan tertentu, meski tetap disesuaikan dengan banyaknya masyarakat yang menukarkan uang.

"Maksimal tidak ada batasan, melihat kondisi saja mempertimbangkan bahwa ketersediaan HCS juga tidak begitu banyak. Yang banyak itu ULE atau uang layak edar, yang sudah dipakai tapi masih layak diedarkan," imbuhnya.

Selain menyiapkan uang pecahan kecil Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000, Bank Sumsel Babel Cabang Tanjungpandan juga menyediakan penukaran uang Rp 75.000. Kalau sebelumnya penukaran nominal tersebut sempat dipersyaratkan KTP, namun kini nasabah bisa bebas menukarkan uang pecahan Rp 75.000 baru.

Pihak perbankan juga menyediakan pecahan Rp 75.000 sekitar Rp 300 jutaan. Menurut Martin, jumlah tersebut memang tidak begitu banyak, mengingat masyarakat belum terlalu familiar dengan pecahan baru ini.

Penukaran uang baru juga hanya dilayani secara langsung di kantor cabang perbankan tersebut. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved