Breaking News:

Berita Belitung

Terkait PPKM Mikro, 42 Desa Se Kabupaten Belitung Alokasikan Anggaran Empat Miliar Lebih

42 desa se Kabupaten Belitung telah mengalokasikan anggaran Dana Desa dengan total Rp 4 miliar lebih untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan

Tribun-Video/Buyung Haryo
ILUSTRASI Virus Corona 

POSBELITUNG.CO -- Sejumlah 42 desa se Kabupaten Belitung telah mengalokasikan anggaran Dana Desa dengan total Rp 4 miliar lebih untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro).

Pengalokasian tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Belitung Nomor 414/07/DPPKBPMD/2021 Tentang PPKM Mikro dan Pelaksanaan Posko Penanganan Covid-19 Di Tingkat Desa tertanggal 2 Maret 2021.

Berdasarkan juknisnya, masing-masing desa menganggarkan dengan besaran bervariasi dengan ketentuan minimal delapan persen dari jumlah Dana Desa.

"Anggaran PPKM Mikro ini minimal delapan persen artinya bisa lebih menyesuaikan kebutuhan tiap desa. Terbesar itu ada Desa Air Saga Rp 125 juta karena mereka dapat DD paling besar," ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Kabupaten Belitung Antonio Apriza kepada posbelitung.co , Selasa (4/5/2021).

Ia menjelaskan dalam SE Bupati tersebut juga diatur daftar kegiatan yang bisa dilakukan desa.

Dimulai dari membentuk tim penanganan Covid-19 dilanjutkan pemetaan zonasi per RT, kemudian menentukan kegiatan yang dilakukan memanfaatkan anggaran minimal delapan persen tersebut.

"Sampai sekarang sudah berjalan tapi sifatnya parsial masing-masing desa. Kalau posko jaga desa itu wajib, nanti di sana ada informasi terkait Covid-19," katanya.

Selain itu, kata dia, Kemendagri juga memudahkan aparatur pemerintah desa dalam mengalokasikan anggaran tersebut.

Karena cukup mengesahkan peraturan kepala desa dan anggaran bisa langsung dipergunakan.

"Dalam SE itu sudah kami berikan draft Perkadesnya termasuk daftar kegiatan. Harapannya anggaran itu bisa dimaksimalkan," kata Anton. (posbelitung.co /dede s)
 

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved