Breaking News:

Terkait Rencana Pemprov Hapuskan Isolasi Mandiri, Kepala BPBD Belitung Tunggu Tindaklanjut

Ia menilai kebijakan tersebut pada dasarnya demi menekan angka penyebaran Covid-19 dengan mengumpulkan pasien terinfeksi fokus di satu area

Posbelitung.co/ist.PuskesmasMengkubang)
ILUSTRASI--Petugas Puskesmas Mengkubang saat memindahkan SW ke rumah dinas camat Damar untuk menjalani isolasi mandiri, Sabtu (13/2/2021) pukul 14.00 WIB. 

POSBELITUNG.CO -- Kepala BPBD Kabupaten Belitung Hendri Suzanto masih menunggu tindaklanjut dari rencana Gubernur Provinsi Kepulauan Babel untuk menghapus isolasi mandiri.

Ia menilai kebijakan tersebut pada dasarnya demi menekan angka penyebaran Covid-19 dengan mengumpulkan pasien terinfeksi fokus di satu area atau gedung.

Namun banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menerapkan kebijakan tersebut seperti sarana prasarana, ketersedian tenaga medis dan anggaran.

"Itu kebijakan provinsi, kami menunggu nanti tindaklanjutnya seperti apa. Tapi banyak yang harus dipertimbangkan baik gedung, tenaga medis dan anggaran," ujarnya kepada posbelitung.co , Selasa (4/5/2021).

Ia mengakui bicara isolasi mandiri memang dibutuhkan komitmen yang kuat dari pribadi masing-masing.

Dalam artian tidak keluar rumah saat masa isolasi sehingga tidak menambah penyebaran Covid-19.

Menurutnya dalam upaya menekan angka penyebaran dibutuhkan sinergi seluruh pihak termasuk kesadaran masyarakat.

"Karena apapun kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tanpa komitmen masyarakat semuanya sia-sia. Makanya ayo kita semua tertib dalam menjalankan prokes untuk kebaikan kita semua," katanya.

Hendri mengatakan penerapan prokes di masa pandemi termasuk salah satu upaya dalam menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman Covid-19.

Karena jika satu orang terpapar maka akan berpotensi menularkan orang lain.

"Makanya bisa disimpulkan orang yang tidak mau menerapkan prokes itu adalah penghianat bangsa. Karena dia tidak mau melindungi bangsa ini," katanya. (posbelitung.co /dede s)
 

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved