Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Vaksinasi Bagi ASN Belitung Diperpanjang Satu Hari

Dinas Kesehatan Belitung  menambah satu hari target menyelesaikan Vaksinasi covid-19 pada sebanyak 800 Aparatur Sipil Negara (ASN)

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Kesehatan Belitung  menambah satu hari target menyelesaikan Vaksinasi covid-19 pada sebanyak 800 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kabupaten Belitung. 

Vaksinasi itu sudah dimulai sejak hari Senin, (3/5) lalu.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Joko Sarjono menyampaikan awalnya target selesai vaksinasi hanya dua hari untuk seluruh OPD dari 34 OPD yang ada di Belitung.

"Rencananya kan sehari 400 orang, tapi kemarin yang datang hanya 240 orang. Jadi kami panggil lagi mereka yang belum datang Jadi kalau hari ini tidak selesai dan masih ada sisa vaksin akan kami selesaikan pada hari Rabu (5/5) besok," ujar Joko kepada posbelitung, Selasa (4/5/2021).

Dia menjelaskan bagi ASN yang sebelumnya terpapar covid-19, tidak masuk dalam daftar vaksinasi, karena harus menunggu selama tiga bulan setelah terkena covid-19, selain itu ASN yang ditunda vaksin yakni yang memiliki kriteria kormobit.

Dia juga belum bisa menyimpulkan kenapa ada ASN yang belum melakukan Vaksin sesuai dengan yang dijadwalkan, namun dia berpendapat karena setiap OPD kesibukan di lapangan, diduga tidak sempat melakukan vaksin sesuai jadwalnya.

Dia menambahkan, jarak vaksinasi pertama dengan kedua sekitar 28 hari, dia menjelaskan awal memang 14 hari, karenan ada kebijakan baru menjadi 28 hari selang waktu vaksinasi.

Sedangkan untuk ASN dari lembaga-lembaga vertikal yang ada di Belitung menurutnya, masih menunggu kiriman vaksin termin selanjutnya.

Satu di antara melakukan vaksinasi hari Selasa (4/5) adalah Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ubaidillah, dia menyampaikan ada sebanyak 86 pegawai Dishub yang rencana awalnya akan divaksin, hanya saja mendapatkan jatah sebanyak 70 orang yang melakukan vaksinasi.

Dia mengaku saat melakukan vaksin pertama itu, tensinya agak sedikit tinggi.

"Mungkin karena sedikit grogi dan agak tegang ya, jadi tensi naik. Tapi alhamdulillah karena kondisi bagus setelah vaksin, nunggu 30 menit saya tidak merasakan gejala apapun," ujarnya.

Peserta vaksinasi lainnyanya yakni, pegawai dari Dinas PUPR, Agus mengatakan vaksinasi covid-19 ini adalah ikhtiarnya untuk kesehatan.

"Setelah divaksin rasanya biasa aja, tidak ada merasa lain, hanya saja mungkin pegal karena saat disuntik tadi saja," ujar Agus.

Pantauan posblitung.co di lapangan ratusan ASN tampak antre melakukan vaksinasi, setelah mendaftarkan diri agar divaksin mereka menunggu hingga giliran namanya dipanggil untuk melakukan vaksinasi, setelah vaksin pun mereka diminta agar menunggu lebih dulu selama 30 menit sebelum diperbolehkan pulang. (posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved