Breaking News:

Berita Belitung Timur

Informasi BMKG, BPBD dan Basarnas Siaga Potensi Bencana Akibat Cuaca Ektrem di Belitung Timur

Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan SAR Nasional (Basarnas) bersiaga menghadapi segala potensi bencana

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Petugas BPBD Belitung Timur saat memantau ketinggian air di Bendungan Pice Gantung, Rabu (5/5/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan SAR Nasional (Basarnas) bersiaga menghadapi segala potensi bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

Seperti yang diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang bahwa Belitung Timur menjadi wilayah yang statusnya siaga hujan lebat hingga banjir mulai 5 Mei 2021 pukul 07.00 WIB hingga 6 Mei 2021 pukul 07.00 WIB.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Belitung Timur Surya Mulyana menyatakan sejak semalam sudah bersiaga atas adanya peringatan tersebut. Dirinya sudah menyiagakan seluruh personel dan peralatan di markasnya.

"Menindaklanjuti informasi BMKG tersebut pagi ini kami sudah ke Bendungan Pice untuk memantau ketinggian air. Ketinggian air 4,6 meter dengan kondisi tiga pintu bendungan baru dibuka sedangkan bendungan lama pintunya dibuka semua. Sementara masih aman namun kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada," kata Surya kepada posbelitung.co, Rabu (5/5/2021).

Dia mencontohkan potensi rawan yang terjadi di Belitung Timur yaitu petir kilat disertai hujan lebat, banjir, dan angin puting beliung. Dari informasi BMKG tersebut, lanjutnya, puncaknya bakal terjadi pada tanggal 6 Mei 2021 besok.

Ditemui di tempat yang sama, Danpos SAR Belitung Rahmatullaah Hasyim menyatakan sudah menaikkan alat-alat rescue ke dalam mobil sehingga saat dibutuhkan langsung berangkat.

"Kami juga menyiagakan seluruh personel, baik yang piket maupun yang tidak agar berada di kantor. Supaya ketika terjadi peristiwa yang membahayakan jiwa manusia bisa langsung terjun ke lapangan," kata Rahmatullah.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan diri dalam kondisi seperti ini, apalagi sudah ada peringatan dari BMKG agar siaga.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kepulauan Bangka Belitung Kurniaji mengatakan potensi cuaca ekstrem di Belitung Timur dan sekitarnya memasuki puncaknya pada dua hari tersebut. Setelah itu, katanya, potensinya semakin kecil untuk cuaca ekstrem.

"Masyarakat bisa melihat prakiraan cuaca ekstrem di website signature.bmkg.go.id. Di sana tersedia prakiraan cuaca ekstrem per hari dengan visual yang berwarna. Jika lokasi yang dipilih tidak berwarna maka tidak ada lagi potensi cuaca ekstrem di lokasi tersebut," tutup Kurniaji. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved