Breaking News:

Berita Belitung Timur

Mendagri Larang Bukber dan Halal Bihalal Lebaran, Ini Kata Bupati Belitung Timur

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran nomor 800/2784/SJ tertanggal 4 Mei 2021.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Bupati Belitung Timur Burhanudin. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran nomor 800/2784/SJ tertanggal 4 Mei 2021.

Surat tersebut menginstruksikan kepada kepala daerah yang berisi dua poin, yaitu tidak diperkenankan berbuka puasa bersama melebihi lima orang di luar dari keluarga inti dan melarang halal bihalal atau open house lebaran bagi pejabat dan ASN di daerah seluruh Indonesia.

Menanggapi hal ini, Bupati Belitung Timur Burhanudin menyatakan akan menindaklanjuti pelarangan tersebut kepada jajarannya. Ia sendiri berkomitmen akan terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat lewat BPBD dan Satpol PP.

"Pada Hari Raya Idulfitri nanti segala jenis hiburan ditiadakan, seperti konser musik di pantai atau tenpat lainnya. Termasuk kami tidak melaksanakan open house atau halal bihalal sesuai SE Mendagri. Hal ini demi mencegah maraknya penyebaran covid-19, jangan sampai tercipta klaster lebaran," kata Burhanudin kepada posbelitung.co, Rabu (5/5/2021).

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah Belitung Timur Ikhwan Fakhrozi atas SE Mendagri tersebut ia mengimbau kepada masyarakat, komunitas, hingga kelompok persaudaraan agar tidak mengadakan reuni atau acara sejenis yang mengumpulkan banyak orang saat idulfitri nanti.

"Tren kasus positif covid-19 di Belitung Timur sedang meningkat. Situasi seperti lebaran dan halal bihalal berpotensi menyebarkan virus corona sehingga hatus dihindari," kata dia.

Ikhwan bilang pemerintah bakal terus melaksanakan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan supaya masyarakat tetap sadar dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Ia juga mengimbau kepada kepala desa agar ikut memantau wilayahnya saat nanti hari raya. Jika ada hal-hal yang berpotensi mengarah ke pelanggaran protokol kesehatan bisa langsung diingatkan dan ditindak sesuai aturan yang berlaku. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved