Breaking News:

Berita Belitung Timur

Stok Daging Terbatas, Hari Ini Harganya Rp180 Ribu per Kg, Masyarakat Terancam Lebaran Tanpa Rendang

Harga daging sapi di Belitung Timur (Beltim) terus merangkak naik. Per hari ini, Rabu (5/5/2021) mencapai Rp180 ribu per kilogram.

posbelitung.co
Seorang pedagang daging di Pasar Lipat Kadjang Manggar menunggu pembeli belum lama ini. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Harga daging sapi di Belitung Timur (Beltim) terus merangkak naik. Per hari ini, Rabu (5/5/2021) mencapai Rp180 ribu per kilogram. Masyarakat Belitung Timur terancam tidak masak rendang daging saat lebaran disebabkan harga yang mahal dibarengi ketersediaan daging sapi yang rendah, sedangkan permintaan tinggi.

Dihubungi Posbelitung.co, Rabu (5/5/2021), Kepala KCP Bulog Belitung Romi Victa R menyatakan belum bisa memastikan datangnya daging beku untuk menutupi kebutuhan daging di Belitung Timur.

Bahkan dia memperkirakan daging beku berupa kerbau itu akan datang setelah lebaran dikarenakan proses impor yang lama.

"Jauh-jauh hari kemarin kami sudah upayakan minta ke Bulog pusat 10 ton daging beku. Namun saat ini masih dalam proses masuk dari luar negeri. Kalau dalam waktu dekat belum akan datang, sepertinya datang habis lebaran," kata Romi.

Dia mengungkapkan stok daging beku di Bulog Belitung saat ini dalam kondisi kosong dan di Bulog pusat pun baru beberapa yang sudah datang sehingga distribusi ke daerah juga terhambat. Romi bilang seluruh Bulog di Indonesia menghadapi keadaan yang sama yakni meminta daging beku juga untuk menutupi kebutuhan jelang lebaran.

"Ini kan jadwal kedatangannya belum pasti kita masih menunggu juga. Tapi kalau memang daging tersebut bisa masuk dalam minggu ini kami akan segera mendistribusikannya ke masyarakat," ujar Romi.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perdagangan (DPMPTSPP) Belitung Timur Asep Suhayanto mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Bulog terkait stok daging.

Asep menyatakan sementara ini pihaknya bakal melaporkan ke Kemendag terkait harga daging sapi tinggi di pasaran. Pihaknya sendiri Jumat (7/5/2021) bakal melaksanakan operasi pasar murah namun tidak ada komoditi daging sapi.

"Hari Jumat lusa bakal ada operasi pasar murah bersubsidi namun tidak termasuk komoditi daging sapi. Hanya beras lima kg, gula pasir dua kg, minyak goreng satu liter, dan tepung terigu satu kg," kata Asep.

Dia menyatakan upaya yang bisa dilakukan pihaknya sementara ini ialah melakukan pendekatan ke pedagang yang bersifat imbauan agar tidak menjual daging dengan harga mahal.

"Kita mengimbau pedagang agar tidak menyentuh Rp 200 ribu untuk harga daging. Tetapi kita tidak bisa pegang," kata Asep. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved