Breaking News:

Berita Belitung

Tenang ! Sapi Sudah Datang, 166 Ekor Tiba di Tanjungpandan, Rencana Bakal Dipasok Lagi

Stok daging sapi dan ayam diperkirakan cukup di Tanjungpandan Belitung untuk kebutuhan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suparman (rompi oranye) kabid peternakan dan kesehatan hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, saat memantau kedatangan sapi dari Madura di pelabuhan Tanjungpandan, Rabu (5/5/2021) (Posbelitung/Suharli) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Stok daging sapi dan ayam diperkirakan cukup di Tanjungpandan Belitung untuk kebutuhan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal itu disampaikan oleh Suparman, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung.

"Kami beberawaktu ini selama Bulan Ramadan melakukan pendataan pada hari ini H-8 itu jumlah stok sapi yang ada di sekitar tanjungpandan sapi siap dipotong sejumlah 70 ekor, kemudian hari ini masuk dari Madura sejumlah 166 ekor sapi. Kemudian Sabtu (8/5/2021) depan dari Pangkalpinang juga akan datang sebanyak 45 ekor sapi," ujarnya kepada Posbelitung.co, Rabu (5/5/2021).

Dia menjelaskan berdasarkan data yang dimiliki Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Belitung, sejak tahun 2019 dan 2020, H-10 Idul Fitri jumlah sapi yang dipotong  sejumlah140 ekor-150ekor.

"Itu berdasakan pengalaman yang ada, artinya bila dilihat stok jumlah sapi yang tiba tadi ada peningkatan jumlah sapi, dan mungkin sudah mencukupi kebutuhan masyarakat karena sekarang sudah H-8," ujarnya.

Sampai hari ini rata-rata perhari sapi yang dipotong sejumlah 17 ekor, menurutnya ada kemungkinan terus meningkat hingga menjelang hari raya akan datang.

Berkenaan dengan kenaikan harga sapi, dia menjelaskan kewenangan harga sapi ada dinas lain, namun mereka juga melakukan pemantauan penyebab naiknya harga, karena dari sumber peternakan sapi, menurutnya anakan sapi memang mengalami kenaikan, dan sudah berjalan satu bulan ini.

"Kenaikan ditempat penangkar sapi, baik dari Lampung maupun Madura harga anakan mengalami peningkatan," ujarnya.

Sedangkan untuk stok ayam, dia menjelaskan ada dua sumber yakni ayam potong dan ayam merah (ayam petelur tidak produktif) diperkirakan akan keluar sekitar antara 30 Ribu ekor- 40 ribu ekor ayam merah.

 "Artinya tergantung kebutuhan pasar, bila pasaran bagus kemungkinan turun lagi, sedangkan daging ayam potong berdasar data bulan april lalu ada sekitar 430 ribu ekor ayam. Dihitung dari kebutuhan, dilihat dari jumlah akan mencukupi," jelasnya

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved