Breaking News:

Berita Belitung Timur

350 Masker Dibagikan Pada Pedagang dan Pembeli yang Tidak Menggunakan Masker

H-7 Idul fitri, 1442 Hijriah di Pasar Tanjungpandan masyarakat mulai ramai berbelanja kebutuhan hari raya

(istimewa dok Satpol PP Belitung)
Tim gabungan saat meninjau Pasar Tanjungpandan guna memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan saat transaksi jual beli. Kamis (6/5/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - H-7 Idul fitri, 1442 Hijriah di Pasar Tanjungpandan masyarakat mulai ramai berbelanja kebutuhan hari raya, sebanyak 350 masker diberikan oleh tim gabungan kepada masyarakat dan pedagang yang tidak menggunakan masker.

Antisipasi penyebaran covid-19,Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kebupaten Belitung, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) turun ke lapangan guna memastikan penerapan Protokol kesehatan (Protkes).

Sekretaris Satpol PP Belitung Abdul Hadi ditemui posbelitung menyampaikan giat sosialisasi ini diinisiasi oleh BPBD Belitung, di lapangan menurutnya masih banyak ditemukan masyarakat dan pedagang yang tidak menerapkan protkes, dia mengatakan saat ini masih mengarah ke sosialisasi belum ke Yustisi.

"Tadi kami sisir di pusat pasar, karena sifatnya baru sosialisasi, dan waktu yang diberikan kepada kami berkenaan sosialisasi corona, jadi kami memberikan peringatan dan memberikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker, tadi ada 350 masker yang kami bagi," ujarnya kepada poabelitung.co, Kamis (6/5/2021).

Dia menilai kesadaran masyarakat berkenaan dengan protkes masih kurang, karena di dalam situasi pandemi ini menurut Abdul Hadi merrka masih biasa saja seolah tidak ada pandemi covid-19.

"Saat ini Pasar Tanjungpandan sudah mulai ramai, kemungkinan H-2 dan H-1 pasar akan lebih ramai lagi. Kami tetap akan menyisir langsung namun belum ke arah penindakan, karena dari Pak Kasat diberikan waktu tiga bulan untuk sosialisi, setelah sosialisasi barulah mengarah penindakan sesuai Surat Edaran Bupati yakni sanksi sosial, bila tidak indahkan lagi barulah denda," ucapnya.

Sosialisasi penerapan protkes di Pasar Tanjungpandan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Dia menyampaikan semua sudut pasar sudah sudah dimasuki, umumnya pemilik toko sudah mengunakan masker, hanya saja yang menjadi tantangan tim gabungan di bagian pasar Ikan.

"Karena kami hanya ditugaskan memberikan edukasi kepada mereka, namun tidak dianggap. Tapi kami tetap jalan karena kami petugas kami abaikan ucapan nyeleneh mereka," bebernya.

Dia menambahkan pada Rabu (5/5) malam mereka juga melakukan operasi Yustisi, operasi Yustisi ini dialukan setiap malam Kamis dan dan malam Minggu di pusat-pusat keramaian Tanjungpandan, rencananya Yustisi akan dilakukan sebanyak 72 kali, dan yangbsudah berjalan baru dua kali.

"Untuk semalam (5/5) kami turun kebebrapa titik keramaian, bahkan satu titik ada yang dua lokasi, tiyik kumpulnya semalam di Gedung Nasional," ujarnya.

Menurutnya pada Rabu (5/5) malam mereka membagikan sebanyak 150 masker, yang umumnya para pelanggar adalah remaja, dengan alasan masker ketinggalan. (posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved