Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

64 Orang Terjaring Razia Prokes Covid-19, Begini Kondisinya

Tim gabungan melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di Kota Manggar, Belitung Timur (Beltim), Rabu (5/5/

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Beberapa pelanggar prokes saat dimintai keterangan oleh petugas di Asoka Manggar, Rabu (5/5/2021) malam. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Tim gabungan melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 di Kota Manggar, Belitung Timur (Beltim), Rabu (5/5/2021) malam. Hasilnya sebanyak 64 orang terjaring razia atas tuduhan melanggar aturan protokol kesehatan.

Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Belitung Timur, Zikril kepada Posbelitung.co, Kamis (6/5/2021) menilai, tingkat kepatuhan memakai masker di Belitung Timur sudah jauh meningkat. Dia malah mengatakan saat ini yang masih menjadi 'PR' ialah mengurai kerumunan yang terjadi di beberapa titik publik.

"Kita semalam lihat bahwa lebih banyak yang taat Prokes daripada yang tidak. Saat ini kerumunan yang tercipta harus kita urai. Saya tegaskan kepada masyarakat bahwa jangan berkerumun karena bisa menjadi penyebab menyebarnya Virus Corona," kata Zikril ditemui di ruang kerjanya.

Namun demikian pihaknya belum bakal menerapkan sanksi denda kepada para pelanggar karena menurutnya masyarakat Beltim masih bisa diberi pendekatan secara persuasif. Tinggal katanya, bagaimana memastikan pemerintah hadir di tengah-tengah warga untuk terus mengingatkan pentingnya protokol kesehatan.

Terkait pernyataan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman soal pengenaan denda Rp200 Ribu kepada pelanggar Prokes, Zikril mengatakan akan mengkajinya lebih lanjut. Dia mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait soal hal tersebut.

"Kalau memang sudah dianggap mendesak situasi dan kondisinya ya bakal kita terapkan. Tercantum juga dalam Perbup Nomor 44 Tahun 2020 yang saat ini jadi dasar operasi kita," kata Zikril seraya menyebut, saat razia pelanggaran yang banyak ditemukan, pengunjung tak pakai masker.

Sementara itu, tim gabungan malam tadi terdiri atas Satpol PP, TNI, BPBD, Basarnas, Dinas Perhubungan, Kabag Hukum Setda, dan Camat Manggar. Tim ini menyisir di berbagai tempat, seperti pusat perbelanjaan, tempat nongkrong, hingga ke warung kopi. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved