Breaking News:

Ini Ragam Manfaat Jamur yang Tak Banyak Diketahui Orang, Apa Saja?

Bagi kamu yang belum pernah memasukkan jamur pangan dalam menu harian, mungkin ini saat yang tepat untuk mulai mempertimbangkannya.

Editor: Novita
Sajian Sedap
Sajian Rendang Jamur Suwir 

POSBELITUNG.CO - Di Indonesia, terdapat banyak jenis jamur yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Bagi kamu yang belum pernah memasukkan jamur pangan dalam menu harian, mungkin ini saat yang tepat untuk mulai mempertimbangkannya.

Berdasarkan penelitian, jamur pangan memiliki banyak sekali manfaat dan juga kaya gizi yang tidak kalah tinggi dibandingkan dengan ragam jenis sayuran lainnya.

Ritchie Rahardja, Pengajar Faculty of Food Science and Nutrition Indonesia International Institute For Life Sciences (i3L) menjelaskan, jamur memiliki kandungan kalori yang rendah dan juga sangat baik untuk dijadikan sumber makanan dengan kadar lemak yang rendah.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam Food & Nutrition Research (Penelitian Makanan dan Nutrisi) mengungkapkan bahwa, jamur menjadi makanan yang kaya nutrisi dan baik untuk ditambahkan ke dalam pola makan sehari-hari

“Jamur juga memiliki kandungan serat dan berbagai nutrisi, seperti vitamin B2, B3, B5, dan B9, fosfor, vitamin D, selenium, tembaga, dan kalium dengan kadar yang agak tinggi. Selain itu, kandungan serat, antioksidan, dan ergosterol yang dimiliki oleh jamur juga dapat membantu meningkatkan Kesehatan manusia”, ungkap Ritchie dalam keterangan resminya, Jumat (30/4/2021).

Ia menjelaskan, ada banyak jenis kandungan jamur yang baik untuk tubuh.

Antara lain kandungan zat polisakarida (serat, seperti beta-glukan) dan senyawa antioksidan, seperti polifenol dan karotenoid, yang dapat membantu meningkatkan aktivitas antiinflamasi dan anti kanker di dalam tubuh manusia.

Hal ini dikaitkan juga dengan meningkatnya aktivitas sel imunitas dan leukosit untuk mencegah, bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kondisi penelitian in vitro dan hewan,

"Kandungan polisakarida dari jamur dapat berperan sebagai prebiotik yang berguna untuk meningkatkan kesehatan bakteri di usus kita,” tutur Ritchie.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved