Breaking News:

Berita Belitung

Selama Larangan Mudik, Hanya Citilink Konfirmasi Lakukan Penerbangan di Bandara Tanjungpandan

Selama pemberlakuan larangan mudik pada 6-17 Mei ini, hampir semua maskapai tidak melakukan aktivitas penerbangan

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Suasana Bandara HAS Hanandjoeddin saat pemberlakuan larangan mudik, Kamis (6/5/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Selama pemberlakuan larangan mudik pada 6-17 Mei ini, hampir semua maskapai tidak melakukan aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan. Hanya Citilink yang mengkonfirmasi masih ada penerbangan.

"Citilink pun tidak setiap hari beroperasi, hanya lima hari saja pada 9, 11, 13, 15, dan 16 (Mei), selain itu off," ujar Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Untung Basuki, Kamis (6/5/2021).

Menurutnya, maskapai Citilink sudah konfirmasi akan melakukan penerbangan karena dari manifest penumpang sudah mencukupi untuk keberangkatan. Sejauh ini, kata dia, juga ada calon penumpang yang mengkonfirmasi syarat perjalanan dan waktu ada penerbangan.

Calon penumpang tetap bisa melakukan perjalanan dalam kondisi darurat yang telah disebutkan dalam surat edaran nomor 13 tahun 2021. Di antaranya ibu hamil, kunjungan sakit/duka, atau perjalanan dinas.

Makanya di bandara ada posko monitoring tak jauh dari pintu masuk keberangkatan yang dijaga tim BPBD Kabupaten Belitung untuk memeriksa dokumen perjalanan. Setelah lolos, barulah diperiksa dokumen kesehatan sehingga penumpang bisa melakukan perjalanan.

"Standby ada grup posko yang bertugas jadwal penerbangan sehingga bisa menyesuaikan, karena selama masa larangan mudik mulai 6-17 Mei ini," imbuhnya.

Selama masa larangan mudik, jam operasional mengalami penyesuaian yakni hanya sampai pukul 14.30 WIB.

Sebelumnya, maskapai Sriwijaya Air, Nam Air, Garuda Indonesia, dan Air Asia telah mengkonfirmasi tidak melakukan penerbangan hingga 17 Mei. Yang terbaru, Lion Air Group juga telah konfirmasi tak akan ada penerbangan penumpang selama pemberlakuan larangan itu.

Sementara penerbangan kargo akan ada tujuh kali selama periode 6-17 Mei ini. Yaitu Citilink satu kali dan enam kali Sriwijaya Air yang sudah terjadwal.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved