Breaking News:

Berita Belitung

Harga Daging Sapi di Belitung Melonjak, Ini Kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan

Harga daging sapi di Pasar Tanjungpandan, Belitung, sudah mencapai Rp 170.000,- per Kilogram (Kg).

posbelitung.co
Suparman (rompi oranye) kabid peternakan dan kesehatan hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, saat memantau kedatangan sapi dari Madura di pelabuhan Tanjungpandan, Rabu (5/5/2021) (Posbelitung/Suharli) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Harga daging sapi di Pasar Tanjungpandan, Belitung, sudah mencapai Rp 170.000,- per Kilogram (Kg).

Lonjakan harga daging menjelang Idul Fitri 1442 hijrah tersebut, sudah beberapa hari terjadi.

Kepala Dinas Ketahanan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, strategi mengantisipasi harga lonjakan daging sapi itu, dengan cara memperbanyak pasokan dan melakukan pemotongan sapi semaksimal mungkin.

"Sekarang ini sudah ada stok sekitar 500 ekor sapi. Sapi - sapi ini kami arahkan, agar segera dipotong, sehingga bisa membanjiri pasaran, dengan harapan menekan harga daging," kata Destika Effenly kepada posbelitung.co, Jumat (7/6/2021).

Kata dia, untuk ketersediaan daging sapi di Belitung sekarang ini kategori aman, lantaran dua hari lalu ada 166 ekor sapi didatangkan dari Madura, dan hari ini didatangkan lagi dari Bangka.

"Tapi stok tersebut, tetap harus diantisipasi, karena apa, takutnya sebagian sapi itu dikirim juga ke Belitung Timur, soalnya Belitung Timur juga kekurangan stok," ucapnya.

Sebetulnya, menurut Destika, kebiasaan warga pada saat menjelang Idul Fitri, membeli potongan daging sapi tersebut hanya fokus kepada daging sapi saja. 

Padahal ada bagian lain yang bisa dimasak, seperti hati untuk dibuat opor daging. Bagian hati tersebut memiliki harga relatif murah.

"Dan ternyata hati ini pada tingkatan pedagang tidak laku. Bagian hati juga bisa di campur dengan daging. Ya kami tetap akan perbanyak stok, biar nanti membanjiri pasar," jelasnya.

Sedangkan untuk ayam potong, atau daging ayam, sekarang ini kategori aman. Harga pada pedagang tidak mengalami kenaikan signifikan, Rp 47.000,- per kilogram.

"Karena harga nya ditekan oleh ayam merah, dan itu sudah mulai dijual oleh pedagang. Stok nya juga sekarang ada sekitar 4 hingga 50 ribu di peternak," pungkasnya. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved