Breaking News:

Kabar Gembira! Pemkab dan Satgas Pangan Belitung Timur Bakal Jual Daging Sapi Rp 130 Ribu per Kg

Hari ini, pemerintah Kabupaten Belitung Timur bakal mengadakan operasi daging sapi segar bagi masyarakat.

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: M Ismunadi
posbelitung.co
Seorang pedagang daging di Pasar Lipat Kadjang Manggar menunggu pembeli belum lama ini. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Mengatasi lonjakan harga daging sapi di Belitung Timur yang menyentuh Rp 185 ribu per hari ini, pemerintah bakal mengadakan operasi daging sapi segar bagi masyarakat.

Bekerjasama dengan mitra dan Satgas Pangan, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur bakal menyiapkan sekitar enam ekor sapi siap potong yang bakal didistribusikan ke masyarakat di empat kecamatan.

Kepada posbelitung.co, Sabtu (8/5/2021), Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan hal ini sebagai bentuk intervensi pemerintah dalam menekan harga daging di pasaran.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Satgas Pangan dan mitra kita untuk menghadirkan daging sapi murah. Semoga dengan ini bisa menekan harga daging di pasar sehingga masyarakat bisa masak rendang pas lebaran nanti," kata Burhanudin.

Bupati menyebutkan daging sapi tersebut bakal dijual dengan harga Rp 130 ribu per kilogram. Harga tersebut di bawah HET yang sudah ditetapkan Pemprov Babel yaitu Rp 140 ribu per kilogram.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Perdagangan (DPMPTSPP) Belitung Timur Asep Suhayanto mengatakan operasi daging murah ini bakal dilaksanakan di Manggar, Gantung, Damar, dan Kelapa Kampit mulai Minggu (9/5/2021) besok.

"Besok Minggu bakal di gelar di Terminal Manggar dan Halaman MPB Damar. Di Gantung hari Senin (10/5/2021) di Pasar Lama dan Kelapa Kampit dilaksanakan Selasa (11/5/2021). Dimulai pukul 09.00 WIB," kata Asep kepada posbelitung.co, Sabtu.

Asep bilang bakal dilakukan penjatahan yaitu satu kilogram untuk satu orang dan khusus untuk warga Belitung Timur. Dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak semua anggota keluarga datang. Asep meminta warga untuk saling berbagi supaya semua warga bisa kebagian.

"Hari ini saya bersama Tim Satgas Pangan Polres Belitung Timur bakal menjemput sapi tersebut di Tanjungpandan dan akan segera dibawa ke Beltim," kata Asep.

Dalam pelaksanaannya juga Asep memastikan bakal menerapkan protokol kesehatan ketat karena pasti animo masyarakat tinggi dalam kegiatan ini. Dia mengaku sudah bekerjasama dengan BPBD dan Satpol PP dalam memastikan keamanan serta protokol kesehatan berjalan benar.

Terpisah, Ketua Satgas Pangan Belitung Timur AKP Deddy Nuari menegaskan operasi daging sapi ini sebagai bentuk menjaga stabilitas harga daging sapi di pasaran. Dia memperkirakan jika tak ada langkah pencegahan dari pemerintah, harga daging menjelang lebaran bisa tembus Rp 200 ribu.

Karena itu, dengan kebijakan pemerintah ini dia berharap bisa menekan harga daging. Dia juga meminta pedagang agar tidak melampaui HET yang sudah ditentukan pemerintah dalam penjualan daging sapi.

"Pak Gubernur sudah menetapkan HET daging sapi di Belitung yaitu Rp 140 ribu. Kami imbau pedagang agar tidak menjual dengan harga lebih dari itu," kata AKP Deddy.

Dia yang juga Kasat Reskrim Polres Belitung Timur itu menegaskan bakal mengingatkan dan jika perlu menindak para pedagang yang menjual dengan harga lebih dari HET.

"Semoga solusi dari pemerintah ini bisa membuat masyarakat bisa menjangkau harga daging sapi untuk hari raya," harap AKP Deddy. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved