Breaking News:

Berita Belitung Timur

Bantu Sesama Umat Manusia, SMA N 1 Manggar Bagi 300 Paket Bapok

Kegiatan yang merupakan program kolaborasi OSIS dan ROHIS tersebut mengusung tema “Berbagi Asa di Masa Pandemi”. 

Ist.Sabarudin
Siswa saat membagikan paket bapok kepada penerima yang datang ke SMA N 1 Manggar belum lama ini 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - SMA Negeri 1 Manggar kembali menggelar kegiatan sosial bertajuk Smansa Peduli. Kegiatan yang merupakan program kolaborasi OSIS dan ROHIS tersebut mengusung tema “Berbagi Asa di Masa Pandemi”. 

Tujuan kegiatan tersebut tidak lain adalah untuk menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai ajang untuk saling berbagi kepada sesama. Terlebih di masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Kegiatan ini juga secara umum dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama masyarakat serta menumbuhkan kesadaran pula bahwa masih banyak orang di sekitar yang masih memerlukan bantuan. 

Smansa Peduli sendiri berperan sebagai pihak penyalur donasi kepada pihak membutuhkan yang dijadikan dalam bentuk paket sembako.

Kegiatan tersebut secara umum menerapkan sistem Open Donasi yang terbuka untuk seluruh warga di Kabupaten Belitung Timur, khususnya yang berdomisli di kecamatan Manggar. Open donasi tersebut dibuka secara lebih luas dari tanggal 1 April sampai dengan 1 Mei 2021. 

Terdapat dua cara yang dilakukan panitia untuk mengumpulkan donasi tersebut. Cara pertama adalah dengan membuka rekening donasi dan cara kedua adalah dengan terjun ke lapangan dengan sistem door to door ke masyarakat desa.

Dari target awal sebesar Rp20.000.000,00 untuk dijadikan 200 paket, tahun ini jumlah donasi yang terkumpul mencapai Rp36.174.000,00.  

Jumlah tersebut melonjak 80% lebih dari target dan dua kali lebih besar dari jumlah donasi di tahun sebelumnya. Jelas jumlah ini menjadi suatu hal yang patut disyukuri karena dapat menjangkau lebih banyak mustahiq/masyarakat desa yang membutuhkan. 

Bertambahnya hasil donasi membuat paket sembako kemudian di tambah lagi sebanyak 100 paket dari jumlaH sebelumnya. Dengan rincian Rp100.000,00 per paket, sembako dibagikan ke masyarakat lingkungan internal maupun eksternal SMA Negeri 1 Manggar. 

235 paket untuk seluruh masyarakat yang desanya menjadi donatur door to door dan 65 paket untuk warga SMA Negeri 1 Manggar yang membutuhkan.

Sisa dari dana yang ada kemudian disumbangkan juga dalam bentuk sembako ke pondok tahfidz dan panti di Pulau Belitung. Lembaga sosial penerima sumbangan sembako tersebut adalah Panti Jompo Al-Maa’uun Muhammadiyah, Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Panti Asuhan Putri Aisyah, Panti Muhammadiyah Gantung, Pesantren Tahfidz Daarul Hikmah Belitung Timur, dan Yayasan Pondok Pesantren Daarul Himmah Belitung Timur.

Halaman
123
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved