Breaking News:

Berita Belitung

Penjual Ayam Merah di Belitung Keluhkan Sepi Pembeli

Pedagang ayam merah (ayam petelur Afkir) musiman di seputaran jalan Siburik, Pasar Tradisional Tanjungpandan, keluhkan sepinya pembeli.

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Pos
Syukron satu diantara pedagang dadakan ayam merah di Pasar Tanjungpandan. Minggu (9/5/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Pedagang ayam merah (ayam petelur Afkir) musiman di seputaran jalan Siburik, Pasar Tradisional Tanjungpandan, keluhkan sepinya pembeli.

Satu diantara pedagang ayam merah, Syukron mengaku  dibandingkan tahun sebelumnya jauh menurun.

"Apalagi kemarin ada ayam bantuan yang harga jauh lebih murah dari pedagang-pedagang di pasar, hampir selisihnya 25 persen dari harga yang kami jual disini," ujar Syukron kepada posbelitung.co saat ditemui dilapaknya, Minggu, (9/5/2021).

Menurutnya, sepinya pembeli ayam merah mebuat pedagang ayam khawatir bila dagangannya tidak habis bila sampai hari raya akan datang.

"Modal kami kan dari kandang Rp 40 ribu perekor ayam, kami  jual disini Rp 50 ribu perekor, itu sudah untuk biaya perawatan pakan san air selama di lapak," jelasnya.

Para pedagang ayam merah mulai membuka lapak sejak Sabtu (08/05/2021) lalu. Menurutnya untuk resiko kematian ayam merah memang jauh dibandingkan ayam pedaging atau broiler.

"Resiko kami kalau ayam tidak habis, mau tidak mau kami harus memberi pakan. Sedangkan ayam afkir kalau untuk telurnya sudah tidak produktif lagi, palingan tiga hari sekali bertelurnya," ungkapnya

Syukron menambahkan pada tahun sebelumnya selama buka lapak ayam merah lima hari sebelum lebaran rata-rata pedagang bisa menjual sebanyak 500 ekor ayam.

"Sekarang ini 3 hari sebelum lebaran 100 ekor pun belum terjual semua. Dulu penjual paling sedikit laku 500 ekor " ujarnya.

Dia mengaku saat ini menyiapkan 100 ekor ayam merah, selama dua hari ini menurutnya ayam dilapaknya hanya laku 30 ekor saja.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved