Breaking News:

Berita Belitung Timur

61 Sampel Makanan di Pasar Lipat Kadjang Diperiksa Loka POM, Begini Hasilnya

Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Belitung melaksanakan intensifikasi pengawasan pangan terhadap 61 sampel makanan di Pasar Lipat Kadjang Manggar

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Bupati dan Kepala Loka POM saat mengambil sampel bahan dagangan di Pasar Manggar, Senin (10/5/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Belitung melaksanakan intensifikasi pengawasan pangan terhadap 61 sampel makanan di Pasar Lipat Kadjang Manggar, Belitung Timur (Beltim), Senin (10/5/2021).

Kepala Loka POM Belitung, Singgih Prabowo Adi Senin (10/5/2021) menyatakan, sejumlah sampel yang diambil, semuanya bebas bahan-bahan berbahaya.

"Tadi dicek apakah mengandung formalin, boraks, rhodamin b, maupun methanil yellow. Alhamdulillaah hasilnya negatif semua alias aman," katanya kepada Posbelitung.co, hari ini.

Singgih bilang tujuan kegiatan ini yaitu memberikan jaminan pangan yang aman kepada masyarakat terutama di Bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri.

Intensifikasi pengawasan pangan berupa pengawasan terhadap sarana distribusi pangan yaitu toko, minimarket atau supermarket, dan distributor serta pengawasan terhadap produk berupa sampling dan pengujian terhadap jajanan buka puasa dan jajanan lebaran.

Pengambilan sampel beberapa di antaranya diambil oleh Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin yang kebetulan juga sedang meninjau keadaan pasar jelang Idul Ftri 1442 H.

Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin mengimbau masyarakat agar tidak takut belanja kepada para pedagang di Pasar Manggar karena sudah terjamin dan teruji keamanannya.

"Kepada masyarakat diimbau juga agar menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih pangan aman dengan selalu melakukan cek KLIK, yaitu cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsanya," pesan Burhanudin. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved