Breaking News:

Ramadhan 2021

 Besok Kemenag Belitung Lakukan Pemantauan Hilal 1 Syawal

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Belitung akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 1442 H

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Kepala Kemenag Kabupaten Belitung Masdar Nawawi. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Belitung akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 1442 H pada Selasa (11/5/2021). Rencananya kegiatan itu akan digelar di Pantai Wisata Tanjungpendam, Tanjungpandan sekitar pukul 17.00 WIB. 

Lokasi tersebut telah ditentukan Kemenag RI sebagai satu di antara 88 titik pantau di Indonesia. Baik penentuan awal Ramadan, awal Syawal, maupun penentuan Iduladha. 

Menurut Kepala Kantor Kemenag Belitung Masdar Nawawi, rukyatul hilal ini dilakukan buat mendapatkan fakta yang sesungguhnya munculnya hilal di lokasi ini. Sehingga bisa menjadi pertimbangan pada sidang isbat untuk penentuan awal syawal. 

"Juga membangun media kebersamaan antara pemerintah, omas Islam, dan lembaga dakwah terutama dalam memberikan bimbingan kepada umat," katanya, Senin (10/5/2021). 

Dalam pelaksanaan rukyatul hilal, hanya ada dua kemungkinan yang akan di hasilkan yakni jika bulan baru atau hilal nampak 2 derajat di atas ufuk, maka lebaran akan jatuh pada esoknya, Rabu (12/5/2021), artinya puasa hanya berlangsung 29 hari. Namun jika hilal tidak tampak, maka bulan puasa akan disempurnakan (istikmal) menjadi 30 hari dan lebaran akan jatuh pada Kamis (13/5/2021). 

"Kita bermohon kepada Allah SWT cuaca sore besok cerah dan tidak mendung," katanya.

Adapun kegiatan ini akan rencananya akan dihadiri Bupati Belitung, instansi, Ketua Pengadilan Agama Tanjungpandan,  Perwakilan Kemenag Kabupaten Belitung Timur, Ketua MUI Kabupaten Belitung, Ketua PC Nadhlatul Ulama, Ketua PD Muhammadiyah, Ketua DMI Kabupaten Belitung, Ketua IPHI Kabupaten Belitung ,dan  Ketua PC GP Ansor Kab Belitung, serta  undangan lainnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved