Breaking News:

Ramadhan 2021

Hasil Pemantauan Hilal di Belitung, 1 Syawal 13 Mei 2021

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung mengadakan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di Pantai Wisata Tanjungpendam, Tanjungpandan, Belitung

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suasana pemantauan Hilal di Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, Belitung, Selasa (11/5/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung mengadakan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di Pantai Wisata Tanjungpendam, Tanjungpandan, Belitung, Selasa (11/5/2021). Namun dalam proses rukyatul hilal tersebut, cuaca di sekitar Tanjungpendam mendung.

"Penentuan hilal memang cuaca tidak mendukung untuk melihat hilal, dari tiga titik pantau di Bangka Belitung tidak terlihat," kata Kepala Kantor Kemenag Belitung Masdar Nawawi.

Menurutnya, berdasarkan sabda Rasulullah, jika bulan belum terlihat maka puasa digenapkan 30 hari.

Hasil dari pemantauan hilal ini juga akan disampaikan kepada Menteri Agama yang akan menggelar sidang isbat setelah Magrib. Kemudian Menag juga akan mengumumkan kepastian 1 Syawal akan jatuh pada Rabu (12/5/2021) atau Kamis (13/5/2021).

"Sepertinya dari data empiris bahwa Insya Allah 1 Syawal Kamis (13/5/2021), namun kepastiannya ba'da Magrib pengumuman dari Menteri Agama," katanya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved