Breaking News:

Berita Belitung

Ini Panduan Salat Idul Fitri 1442 H dan Ibadah Kenaikan Isa Almasih dari Kementerian Agama

Umat Muslim dan Kristiani Kamis (13/5/2021) bakal memeringati hari besar keagamaan masing-masing, yakni Idul fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Almasih.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
Pos Belitung
Ilustrasi salat Idul Fitri - Kementerian Agama Republik Indonesia sudah mengeluarkan panduan ibadah salat Idul fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Almasih. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Seluruh umat Muslim dan Kristiani pada besok Kamis (13/5/2021) bakal memeringati hari besar keagamaan masing-masing, yakni Idul fitri 1442 H dan Kenaikan Isa Almasih.

Namun, dalam kondisi pandemi seperti sekarang perlu adanya batasan-batasan supaya peribadatan bisa berlangsung lancar dan aman.

Tapi tenang, Kementerian Agama Republik Indonesia sudah mengeluarkan panduan agar pelaksanaan ibadah keduanya bisa berjalan lancar.

Kepada posbelitung.co, Rabu (12/5/2021), Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung Timur Novarianto mengatakan pada dasarnya pemerintah membolehkan beribadah dari rumah ibadah masing-masing.

"Namun kita masih di tengah pandemi virus corona jadi dalam pelaksanaan ibadah harus sangat memerhatikan penerapan protokol kesehatan. Salah satu caranya yaitu setiap orang harus memakai masker, baik itu di masjid ataupun di gereja," kata Novarianto.

Khusus untuk Idul fitri, lanjutnya, kegiatan takbir keliling tahun ini ditiadakan dan diganti dengan takbir di rumah atau masjid. Hal ini demi mencegah terjadinya kerumunan yang jadi penyebab tersebarnya virus corona.

Kemudian, Novarianto berpesan agar tidak mengadakan open house atau halal bihalal di lingkungan kantor atau komunitas. Ia mengimbau agar umat Muslim bersilaturahmi hanya dengan keluarga inti atau bisa secara virtual.

"Lalu untuk kedua ibadah agar waktu pelaksanaannya dipersingkat namun tidak menghilangkan kekhusyukan dan makna dari ibadah tersebut. Misal yang awalnya 20 menit jadi 10 menit cukup," kata Novarianto.

Ia memohon kemakluman kepada seluruh umat Muslim dan Kristiani karena memang seluruh dunia saat ini tengah berperang melawan virus corona. Karena itu ia ingin panduan ini diikuti oleh seluruh masyarakat yang merayakan Idulfitri atau memeringati Kenaikan Isa Almasih.

"Kita ikhtiar dengan mengikuti panduan tersebut supaya kita semua aman dan sehat. Semoga kita terus mendapat lindungan dari-Nya," harap Novarianto.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved