Breaking News:

Berita Belitung

Siapkan Berkas! Kabupaten Belitung Sudah Dapat Kepastian CPNS, Ini Formasi dan Waktu Pendaftaran

Pemkab Belitung, sudah mendapat surat balasan tentang rekrutmen penerimaan kebutuhan dan formasi CPNS dan PPPK dari KemenPAN-RB.

Posbelitung/Disa Aryandi
H MZ Hendra Caya, Sekda Belitung 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten Belitung, sudah mendapat surat balasan tentang rekrutmen penerimaan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), serta Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Jumat (14/5/2021).

Pada surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo nomor 646 tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Belitung mendapat jatah 354 formasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K).

92 orang di antaranya lowongan formasi CPNS dan 262 orang lowongan formasi P3K.
Formasi yang tersedia yakni tenaga guru, tenaga kesehatan dan teknis.

"Nah untuk tenaga guru tidak ada formasi CPNS, yang ada hanya P3K. Itu ada 107 formasi tahun ini. Tapi kalau tenaga kesehatan, 36 formasi CPNS, 132 formasi P3K," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya kepada Posbelitung.co, Jumat (14/5/2021).

Sedangkan lowongan tenaga teknis, khusus formasi CPNS sebanyak 56 lowongan, dan 23 lowongan untuk formasi P3K. Seluruh formasi tersebut, nantinya akan diumumkan.

"Nanti detail formasinya kami umumkan pada tanggal 30 Mei mendatang. Kemudian pada tanggal 1 sampai 30 Juni, itu tahapan pendaftaran sekaligus seleksi administrasi," ujarnya.

Ia memperkirakan, pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dilakukan pada Juli 2021 mendatang. Namun kepastian pelaksanaan SKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan di informasikan lebih lanjut.

"Nanti kami akan berkoordinasi lagi dengan BKN, bagaimana tahapan selanjut nya, tapi untuk pengumuman detail formasi pada tanggal 30 Mei nanti," ucapnya.

Ia mengatakan, khusus penerimaan CPNS tetap dibatasi pada usia maksimal 35 tahun, tetapi untuk penerimaan P3K batas maksimal, satu tahun sebelum usia pensiun.

"Itu saja perbedaan nya. Termasuk P3K ini tidak ada potongan uang pensiun pada gaji, kalau CPNS ada potongan pensiun. Tapi untuk status P3K sama-sama ASN, dan hak nya sama," jelasnya.

Menurut dia, lowongan tenaga kesehatan dan tenaga guru lebih banyak dibanding tenaga teknis, lantaran khusus tenaga guru banyak guru yang hampir pensiun dan dari hasil analis pegawai, Pemerintah Kabupaten Belitung banyak kekurangan tenaga guru.

"Termasuk kesehatan juga seperti itu, dan tenaga teknis. Tapi tenaga teknis ini, kami usulkan banyak sekali, yang di setujui oleh pusat hanya segitu saja," bebernya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved