Breaking News:

Info Kesehatan

Bukan Melulu Gula, Ini Dia Makanan yang Harus Dipantang Penderita Diabetes!

Sebab komplikasi diabetes jika terjadi artinya sudah terlalu banyak gula menetap dalam aliran darah untuk waktu yang lama.

Photo by Igor Ovsyannykov from Pexels
Aneka makanan yang harus dipantang penderita diabetes. 

POSBELITUNG.CO - Penderita diabetes sangat identik dengan kadar gula tinggi, namun identik juga dengan diet ketat.

Karenanya tidak sedikit makanan yang harus dipantang penderita diabetes.

Makanan yang harus dipantang penderita diabetes sudah tentu yang tinggi karbohidrat, gula, dan makanan juga minuman yang berisiko menaikan kadar gula dalam darah.

Tapi ingat, dalam diet dan makanan yang harus dipantang penderita diabetes ada aturannya.

Untuk diketahui, diet ketat pada penderita diabetes memang wajib dilakukan, supaya kadar gula dalam darah bisa terus terkontrol dengan baik, sehingga tidak menimbulkan komplikasi.

Komplikasi diabetes memang sebuah kondisi menyeramkan bagi penderitanya.

Sebab komplikasi diabetes jika terjadi artinya sudah terlalu banyak gula menetap dalam aliran darah untuk waktu yang lama.

Efeknya dapat memengaruhi pembuluh darah, saraf, mata, ginjal dan sistem kardiovaskular.

Komplikasi yang bisa terjadi, melansir laman Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kemnkes RI (28/1/2019), dalam artikelnya yang berjudul 'Apa saja komplikasi dan akibat dari Diabetes?, yaitu; serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat (menyebabkan gangren, dapat mengakibatkan amputasi), gagal ginjal stadium akhir dan disfungsi seksual. Setelah 10-15 tahun dari waktu terdiagnosis, prevalensi semua komplikasi Diabetes meningkat tajam.

Tapi satu hal yang harus kita ketahui, melansir HelpGuide.org, dalam tulisannya yang berjudul 'The Diabetes Diet', disebutkan walaupun harus diet, penderita diabetes bukan berarti gula harus dijauhi sejauh-jauhnya.

Halaman
123
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved