Breaking News:

Penumpang Tiba di Bangka Belitung Harus Rapid Test Antigen Ulang

Penumpang yang tiba di bandara dan pelabuhan di Babel, pada Senin (17/5/2021) besok, diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen ulang.

Penulis: Riki Pratama
Editor: Fitriadi
posbelitung/suharli
Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional HAS Hananddjoeddin Tanjungpandan Belitung Untung Basuki saat menunjukan lokasi layanan Ge Nose C19, Senin (12/4/2021). 

POSBELITUNG.CO, BANGKA -- Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman telah mengeluarkan kebijakan terbaru mengatasi penyebaran Covid-19 saat arus balik mudik lebaran 2021.

Kebijakan ditujukan kepada warga yang ingin kembali ke Bangka Belitung pasca libur lebaran.

Penumpang yang tiba di bandara dan pelabuhan di Babel, pada Senin (17/5/2021) besok, diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen ulang.

Rapid test dilakukan oleh tim Satgas Babel bersama KKP, TNI/Polri dan instansi terkait lainya.

Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan mereka menyiapkan 10 ribu rapid test antigen untuk mengetes kembali setiap penumpang yang tiba di Babel.

"Awalnya menggunakan tes GeNose tetapi biar lebih akurat kita mengunakan rapid test antigen sebanyak 10 ribu disiapkan. Tes ini dilakukan secara gratis oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung," kata Mikron Antariksa, kepada Bangkapos.com, Minggu (16/5/2021) malam.

Mikron, menegaskan setiap penumpang yang tiba dari luar Babel baik di bandara dan pelabuhan, akan langsung digiring petugas Satgas untuk melakukan tes ulang dengan rapid test antigen, sebelum kembali ke rumah masing-masing.

"Jadi besok pagi mulainya, ketika penerbangan tiba di Babel petugas kita langssung menggiring penumpang untuk dilakukan tes ulang rapid test antigen. Apabila hasilnya negatif dipersilakan pulang, tetapi apabila positif Covid-19 langsung kita karantina di rumah sakit khusus Covid-19 RSUD Soekarno," kata Mikron.

Kebijakan ini, dilakukan kata Mikron, setelah hasil rapat bersama forkopimda dilakukan, Minggu (16/5/2021) di Posko Satgas, untuk menindak lanjuti upaya arus balik mudik lebaran di Bangka Belitung dan menekan kasus positif Covid-19 yang kian bertambah setiap harinya.

"Hari ini kasus baru Covid-19 di Babel bertambah 75 orang, dan sembuh 173 orang kemudian meninggal dunia bertambah 3 orang. Dengan tambahan kasus baru ini Babel menduduki peringkat 12 secara nasional dari 34 provinsi di Indonesia," ujarnya.

Bertambahnya 75 orang, pada Minggu (16/5/2021) membuat kasus positif Covid-19 di Babel menjadi total 15.649 kasus, sembuh bertambah 173 kasus, total 14.086 kasus, meninggal dunia bertambah 3 orang total menjadi 242 kasus.

Sebaran Kasus Baru Covid-19 Kota/Kabupaten di Babel

  • Pangkalpinang 13 kasus baru, 87 sembuh, meninggal 0
  • Kabupaten Bangka 27 kasus baru, 23 sembuh, meninggal 2
  • Kabupaten Bangka Tengah 5 kasus baru, 21 sembuh, meninggal 0
  • Kabupaten Bangka Barat 13 kasus baru, 22 sembuh, meninggal 0
  • Kabupaten Bangka Selatan 3 kasus baru,0  sembuh, meninggal 1
  • Kabupaten Belitung 13 kasus baru,0 sembuh, meninggal 0 
  • Kabupaten Belitung Timur 2 kasus baru, 20 sembuh, meninggal 0

Sumber: Satgas Covid-19 Babel

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved