Breaking News:

Sekretaris Komisi III DPRD Belitung Timur Sebut Garumedang Textites Bisa Jadi Geosite Andalan

Geosite Garumedang Textites, berada di Dusun Garumedang Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Geosite ini menjadi andalan Beltim.

Penulis: Suharli
Editor: M Ismunadi
Istimewa
Komunitas Garumedang saat berada di depan pintu masuk Geosite Garumedang Textites. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Geosite Garumedang Textites, berada di Dusun Garumedang Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Geosite ini sangat berbeda dibanding geosite lain pada umumnya.

Sekretaris Komisi III DPRD Belitung Timur Sunarjo (Ayung) mengatakan, geosite ini tentu bisa menjadi andalan Belitung Timur dalam pengembangan UNESCO global geopark Pulau Belitong.

Lantaran geosite tersebut bernuasa edukasi, dan mengangkat tentang tema batu satam atau textites, yang menjadi satu diantara andalan Geopark Pulau Belitong.

"Kami berharap geosite garumedang textites ini bisa menjadi cikal bakal perkembangan wisata Belitung Timur, khusus nya di Damar," kata Sunarjo kepada posbelitung.co, Minggu (16/5/2021).

Kata dia, apabila geosite tersebut terus dikembangkan, terdapat peluang ekonomi bagi masyarakat sekitar, khususnya kecamatan Damar agar dapat menjadi pengganti perekonomian masyarakat Damar pasca timah akan datang.

"keberadaan garumedang textites merupakan kebanggaan Beltim,khususnye Damar karena bisa menjadi andalan geopark belitong secara global," ujarnya.

Dia menilai, saat ini yang mesti dikuatkan daru geosite Garumedang yakni adalah infratukstur seperti listrik, jalan atau akses yang kurang memadai, serta penambahan site-site pendukungnya, yang mana tak jauh dari geosite Garumedang juga terhubung dengan pantai, bakau dan area pertambangan bisa menjadi satu paket wisata.

"Selama ini saya selalu menjelaskan.mempromosikan, dan mendukung penuh keberadaan garumemdang textites baik ditingkat pusat kementerian, provinsi maupun kabupaten," ujarnya. (posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved