Breaking News:

Info Kesehatan

Penyandang Diabetes Wajib Tahu, Sepenuhnya Jangan Menghilangkan Asupan Gula, Simak Alasannya!

Beberapa penyandang diabetes mengalami hipoglikemia, ketika kadar glukosa darahnya terlalu rendah.

Editor: Rusaidah
Thinkstock
Penyandang diabetes tak perlu menghentikan sama sekali gula karena bisa berisiko hipoglikemia. 

POSBELITUNG.CO - Penyakit diabetes tipe 2 adalah bentuk diabetes yang paling umum, terhitung lebih dari 90% dari semua kasus diabetes.

Tidak seperti diabetes tipe 1 yang merupakan penyakit autoimun, diabetes tipe 2 terutama dipicu oleh faktor pola makan dan gaya hidup.

Meskipun gula tidak secara langsung menyebabkan diabetes tipe 2, mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko penyakit.

Konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan dapat membuat berat badan bertambah karena mengandung banyak kalori. Dan kita lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 jika kelebihan berat badan.

Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi rutin minuman yang dimaniskan dengan gula dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih besar.

Makan terlalu banyak makanan manis dapat meningkatkan risiko perlemakan hati, yang dapat memicu produksi insulin yang tidak normal dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Karena itu, gula bukan satu-satunya alasan kondisi diabetes muncul. Pola makan, gaya hidup, dan genetika secara keseluruhan juga dapat memengaruhi risiko terkena diabetes tipe 2.

Beberapa penyandang diabetes mengalami hipoglikemia, ketika kadar glukosa darahnya terlalu rendah.

Jadi, jangan berhenti mengonsumsi gula sepenuhnya, tetapi kurangi asupan gula tambahan. Asupan gula harian maksimum yang disarankan adalah 30g untuk orang dewasa, yaitu sekitar tujuh sendok teh sehari.

Meskipun gula tambahan, terutama dari minuman yang dimaniskan dengan gula, sangat terkait dengan diabetes, gula alami yang ditemukan dalam buah, sayuran, dan makanan olahan susu tidak memiliki efek yang sama.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved