Breaking News:

Tips Kesehatan

Cara Menurunkan Panas Demam pada Anak, Ibu Tak Perlu Panik

Panas tinggi atau demam adalah suatu kondisi saat suhu badan lebih tinggi daripada biasanya atau di atas suhu normal.

Editor: Fitriadi
Majalah Bobo/Ode
Ilustrasi anak demam 

POSBELITUNG.COAnak di bawah usia lima tahun sering mengalami demam, suhu tubuhnya kadang meninggi.

Saat kondisi ini terjadi, banyak ibu rumah tangga bingung apa yang harus dilakukan untuk meredakan panas demam pada anaknya.

Tidak jarang mereka panik menghadapi situasi tersebut. Untuk itu, para ibu rumah tangga mesti tahu cara mengatasinya, minimal untuk meredakan panas demam anak menggunakan resep rumahan.

Kaum perempuan juga mesti mengenal gejala demam dan panas tinggi pada anaknya, sebelum memberikan langkah pengobatan mandiri.

Ada saatnya anak harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih intensif.

Dilansir Bangkapos.com dari Kompas.com, panas tinggi atau demam adalah suatu kondisi saat suhu badan lebih tinggi daripada biasanya atau di atas suhu normal.

Suhu badan normal manusia pada umumnya berkisar antara 36-37 derajat Celsius. Jadi, seseorang dapat dikatakan mengalami demam ketika suhu badannya berada di atas angka tersebut.

Namun, suhu badan yang mencapai 37,5 derajat Celsius masih bisa disebut berada di ambang suhu normal sepanjang tidak memiliki kecenderungan untuk meningkat.

Demam pada umumnya akan terjadi ketika seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Melansir Buku Mini Handbook Kesehatan Anak (2019) oleh dr. Rendi Aji Prihaningtyas, dkk, demam adalah bentuk perlawanan tubuh dalam memerangi penyakit.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved