Breaking News:

Lahan Lapangan Golf Belitung Hingga Hamparan Lahan Desa Mentigi Disita Kejagung

Ada dua aset disita petugas Kejagung, area lahan lapangan Golf di Kecamatan Sijuk, dan hamparan lahan seluas 16 Hektar di Membalong.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fitriadi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Rombongan Kejaksaan Agung (Kejagung), Selasa (25/5/2021) datang ke Kabupaten Belitung didampingi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Belitung, dan BPN Kabupaten Belitung.

Rombongan itu datang ke Belitung, untuk melakukan penyitaan aset milik Heru Hidayat, tersangka korupsi PT Asabri. Ada dua aset disita oleh petugas, area lahan lapangan Golf Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Kedua, hamparan lahan kosong di Dusun Gurung Kura, Desa mentigi, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung seluas 16 hektar. Dua lahan tersebut, sekarang sudah diberi tanda penyitaan berupa pelang merah.

Kepala Desa Keciput Lubis membenarkan kedatangan rombongan penyidik Kejagung, dan memasang pelang merah penyitaan aset, berada pada lapangan golf.

"Iya kemarin siang mereka datang, saya bersama kadus dan perangkat desa lainnya. Lokasinya di area lapangan golf itu," kata Lubis kepada posbelitung.co, Selasa (25/5/321).

Terpisah, Kasi Pemerintahan Pemdes Mentigi, Kecamatan Membalong Heru Sunarya termasuk perwakilan desa yang ikut dalam penyitaan aset milik Heru Hidayat tersangka korupsi PT Asabri oleh Kejagung.

Menurutnya rombongan penyidik Kejagung datang bersama Kejari Belitung dan BPN Belitung memasang pelang merah di satu lokasi tanah sekitar 16 hektar.

"Pelang yang dipasang itu satu hamparan tanah 16 hektar. Masih tanah kosong, hutan lah belum pernah digarap," ujarnya saat dihubungi posbelitung.co.

Ia menjelaskan berdasarkan arsip desa, tanah tersebut awalnya dibeli oleh warga setempat atas nama Rizaldi Mulyawan dengan luasan yang sama.

Kemudian, muncul permohonnan untuk pengurusan sertifikat atas nama Alpian Pramana dan Tanrama pada tahun 2019.

"Rombongan itu datang sekitar pukul 13.30 WIB kemarin, agak mendadak juga. Jadi setelah masang pelang, mereka langsung pulang," ungkapnya.

Dikutip dari kompas.com penyidik Kejagung melakukan penyitaan delapan aset tanah milik Heru Hidayat tersangka kasus korupsi PT Asabri di Belitung pada Selasa (25/5/2021).

Aset yang disita tersebut nantinya akan dilakukan penaksiran atau taksasi oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) untuk diperhitungkan sebagai penyelamatan kerugian keuangan negara di dalam proses selanjutnya. (posbelitung.co/Disa Aryandi/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved