Breaking News:

Waspada Infeksi Jamur Hitam Bisa Menyerang Indonesia, Epidemiolog Ungkap Alasannya

Potensi infeksi jamur hitam atau istilah latinnya Mucormycosis di Indonesia cukup besar karena jumlah penderita diabetes di Tanah Air cukup tinggi.

Editor: Fitriadi
Uma Shankar MISHRA / AFP
Seorang pasien yang pulih dari virus corona Covid-19 dan sekarang terinfeksi Jamur Hitam, infeksi jamur mematikan di Netaji Subhash Chandra Bose Medical College di Jabalpur pada 21 Mei 2021. (Uma Shankar MISHRA / AFP) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Masyarakat Indonesia mesti waspada terhadap kemungkinan munculnya infeksi jamur hitam yang kini dialami banyak warga India.

Potensi infeksi jamur hitam atau istilah latinnya Mucormycosis di Indonesia cukup besar karena jumlah penderita diabetes di Tanah Air cukup tinggi.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan penyakit ini cenderung menyerang mereka yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh dan memiliki kadar gula darah tinggi.

Menariknya, India dan Indonesia memiliki jumlah penderita diabetes yang tinggi.

India diketahui sebagai negara urutan kedua di dunia untuk penderita diabetes setelah China.

Sedangkan Indonesia juga memiliki jumlah penderita diabetes yang tidak bisa disebut 'sedikit'.

Sehingga Mucormycosis berpotensi terjadi pula oleh Indonesia, terutama pada pasien maupun penyintas Covid-19 dan penderita diabetes.

Baca juga

Infeksi Jamur Hitam Itu Apa dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

"India itu penderita diabetesnya banyak, Indonesia itu 5 besar dunia (untuk penderita diabetes), jadi ini ada kesamaan, kita punya potensi yang sama ya, terutama pada penderita diabetes yang tidak terkendali," jelas Dicky, kepada Tribunnews, Kamis (27/5/2021).

Terkait sifat Mucormycosis yang cenderung menyerang orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, kata Dicky, India saat ini memiliki varian baru virus corona (Covid-19) yakni B.1.617 yang diduga menjadi penyebab melonjaknya kasus Covid-19 di sana.

Varian ini disebut memiliki kemampuan untuk menurunkan daya tahan tubuh.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved