Breaking News:

Berita Belitung

Refocusing Anggaran Untuk Penanganan Covid-19 Belitung Capai Rp37 Miliar

Realokasi anggaran tersebut rencananya akan difokuskan pada bidang kesehatan yakni penanganan Covid-19 di kabupaten Belitung agar lebih optimal.

Penulis: Suharli | Editor: Eltjandring
posbelitung/suharli
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya saat berada di ruang kerjanya. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya menyampaikan nilai refocusing Kabupaten Belitung mencapai Rp37,1 dari jumlah APBD Kabupaten Belitung senilaiRp 1.089 Triliun.

Realokasi anggaran tersebut rencananya akan difokuskan pada bidang kesehatan yakni penanganan Covid-19 di kabupaten Belitung agar lebih optimal.

Menurutnya berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Transfer Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendukung penanganan COVID-19, sejumlah 8 persen dari APBD tahun 2021.

"Nilai sekitar Rp37 miliar itu diperoleh dari hasil kesepakatan dengan OPD-OPD, diambil dari kegiatan-kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan di masa Pandemi covid-19," ujarnya kepada posbelitung.co, Senin (1/7/2021).

Dia menjelaskan alokasi nantinya akan disalurkan beberapa OPD terkait yakni Dinas Kesehatan, RSUD, Satpol PP, dan BPBD, serta Kominfo.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Belitung berencana akan melengkapi perangkat lain PCR yang sudah ada saat ini.

"Karena kan kami sudah ada PCR tetapi tidak bisa oprasional karena tidak lengkap alatnya. Sehingga Agustus nanti PCR sudah siap," ujarnya.

Dia juga menambahkan dari dana Rp37 Miliar itu, nantinya juga akan dipergunakan untuk membayar insentif tenaga kesehatan.

"Karena 2020 lalu intensif tenaga medis baik di RSUD maupun di Puskes ditanggung APBN. pada 2021 sudah tidak lagi, Pemkab yang menanggungnya, kurang lebih sekitar Rp 10 M yang disiapkan," ujarnya.

Dengan disiapkannya anggaran refocusing diharapkan penanganan covid-19 di Belitung akan semakin serius.

(posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved