Breaking News:

Berita Belitung

Banyak Kendaraan Tak Sesuai Dimensi, Sudah 705 Unit Lulus Uji Kelayakan di Belitung Tahun Ini

Kendaraan yang tidak lulus uji kendaraan di Kabupaten Belitung, umumnya didominasi oleh tidak sesuainya dimensi kendaraan.

Penulis: Suharli | Editor: Eltjandring
posbelitung/suharli
Kepala UPT Unit Pelayanan Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Kabupaten Belitung, Sudigdo saat berada di ruang kerjanya, Kamis (3/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kendaraan yang tidak lulus uji kendaraan di Kabupaten Belitung, umumnya didominasi oleh tidak sesuainya dimensi kendaraan.

Hal itu disampaikan, Kepala UPT Unit Pelayanan Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Kabupaten Belitung, Sudigdo.

Berdasarkan data UPT, Sudigdo mengatakan, kendaraan yang lulus uji sampai dengan tahun 2020 lalu sejumlah 1506 unit. Sedangkan pada 2021 sampai dengan Juni, yang lulus uji kendaraan sejumlah 705 unit.

Kemudian kendaraan yang menumpang uji baik dari Kabupaten Belitung Timur maupun daerah lainnya sejumlah 94 Unit kendaraan. Khusus dari Beltim sebanyak 86 Unit Kendaraan.

Dia menegaskan, bila kendaraan memang tidak layak, tidak akan diluluskan.

"Jika memang tidak lulus uji kendaraan mereka harus memperbaiki kendaraan kendaraan terlebih dulu, baru kemudian dilakukan uji kendaraan lagi," ujarnya Sudigdo kepada posbelitung.co, saat ditemui diruang kerjanya Kamis (3/6/2021).

Menurutnya target dari UPT UPUBKB sebenarnya menormalisasikan kendaraan, karena di Belitung saat ini banyak kendaraan yang over dimensi dan over loading.

Karena itu sudah menjadi peraturan dari Dirjen Pehubungan Darat, Kementrian perhubungan.

"Nah itu paling banyak di temui di Belitung, kebanyakan yang tidak lulus itu yang tidak mengikuti standar kendaraannya," ujarnya.

Dia menambahkan bila kendaraan sudah bobot muatannya sudah berlebih dapat menyebabkan kerusakan jalan dan juga masalah keselamatan jalan bila over dimensi.

Pelayanan uji kendaraan di Kabupaten Belitung dilaksanakan setiapan hari Senin sampai dengan Jumat, yang mana uji kelayakan kendaraan, seperti visual meliputi ban, kaca, kemudian alat meliputi uji emisi, lampu, spedo meter dan lainnya, yang mana nilainya harus memenuhi nilai atandar uji kelayakan kendaraan.

Berkenaan dengan biaya yang dikenakan untuk uji Kendaraan semua jenis kendaraan sama yakni sejumlah Rp 90.000,-

Kendaraan yang sudah lulus uji nantinya akan mendapat kartu Smart card blue electronic, yang mana data didalamnya sinkronisasi dengan data di kementrian.

Selain kartu pemilik kendaraan juga aka mendapatkan sertifikat dan stiker lulus uji, yang berlakunya enam bulan sekali.

(posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved