Breaking News:

Berita Belitung

Perputaran Uang Hasil Ekspor dari Bangka Belitung Banyak di Luar Daerah  

Safari ANS, Staf Khusus Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Bidang Percepatan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)

posbelitung.co
Safari ANS Staf Khusus Gubernur Provinsi Bangka Belitung, bidang percepatan pembangunan Bangka Belitung saat mengikuti FGD Komite IV DPD RI beberapa waktu lalu. (Posbelitung/Suharli) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Safari ANS, Staf Khusus Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Bidang Percepatan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyampaikan perputaran uang hasil ekspor Bangka Belitung lebih banyak di luar daerah.

Dia memisalkan ekspor Bangka Balitung pada 2019, sekitar 1.3 Miliar Dolar, atau sekitar Rp16 triliun. Sedangkan yang masuk ke bank yang ada di daerah Bangka Belitung (Babel) hanya sekitar Rp4 Triliun.

"Berarti uang Hasil ekspor kita ini kemana? Makanya dugaan kami pencairan letter of credit (LC)  dicairkan oleh LC diluar Babel  Makanya Bangka Belitung tekor setiap tahunnya. Sehingga tinggi peredaran uang berdasarkan hasil ekspor tadi, artinya orang hanya ambil hasil buminya tapi uangnya dipakai diluar makanya kita tidak punya apa-apa," ujarnya kepada Posbelitung beberapa waktu lalu.

Untuk itu, dia mengaku sudah menyampaikan kepada DPD RI agar ini disikapi, bagaimana caranya supaya LC cair di daerah tempat barang di ekspor.

"Kalau ekspornya dari Bangka Belitung LC-nya harus di Bangka Belitung,Kita bertahun-tahun mengalami fiskal, fiskal kita kecil tidak sampai 1 persen, jadi kita sulit selama ini karena uangnya tidak beredar di sini," ucapnya.

Dia mengatakan minta suport ke DPD RI agar menyampaikan ke Kemenkeu agar LC dapat dilaksanakan di Bangka Belitung dengan cara menunjuk satu diantara perbangkan yang yang ada di Babel.

"Jadi uang itu terecord di perbangkan yang ada di Babel, hingga perputaran uang di Babel itu tinggi, maka mau tidak mau pertumbuhan ekonomi terdongkrak, kekuatan masyarakat untuk belanja itu ada,"ucapnya.

Menurutnya uang yang berputar di Bangka Belitung saat ini adalah uang gaji ASN, dan pegawai swasta. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved